RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 22 JULI 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 22 JULI 2021

PEKAN BIASA XVI

Pesta Sta. Maria Magdalena (Putih)

BACAAN I: Kid. 3:1-4a atau 2Kor. 5:14-17

MAZMUR: 63:2.3-4.5-6.8-9;

BACAAN INJIL: Yohanes 20:1.11-18

Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. Tetapi Maria berdiri dekat kubur itu dan menangis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu, dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring. Kata malaikat-malaikat itu kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis?" Jawab Maria kepada mereka: "Tuhanku telah diambil orang dan aku tidak tahu di mana Ia diletakkan." Sesudah berkata demikian ia menoleh ke belakang dan melihat Yesus berdiri di situ, tetapi ia tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus. Kata Yesus kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?" Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman, lalu berkata kepada-Nya: "Tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambil-Nya." Kata Yesus kepadanya: "Maria!" Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani: "Rabuni!," artinya Guru. Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu." Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: "Aku telah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.

RENUNGAN

Yesus Kristus, Tuhan kita, mengasihi Maria Magdalena. la tidak melihat masa lalu Maria yang pernah dikuasai oleh tujuh roh jahat dan mendapat penyembuhan total dari-Nya. Maria Magdalena pun mengasihi Tuhan Yesus secara total. Ia memiliki kerinduan yang besar untuk bersatu dengan Yesus Kristus seperti ungkapan ini, “Pada malam hari di atas peraduanku, kucari jantung hatiku. Kucari dia, tapi tak kutemukan. Aku bangun dan berkeliling di kota; di jalan-jalan dan di lapangan-lapangan kucari dia, jantung hatiku. Ketika kutemukan jantung hatiku, Kupegang dia dan tak kulepaskan lagi” (Kid. 3:1 -41).

Firman ini memanggil kita untuk memiliki hati seperti Maria Magdalena yang merindukan Tuhan siang dan malam. Kerinduan mendalam Maria Magdalena membuat ia pergi mencari dan menemukan Yesus. Kita yang mengasihi Tuhan juga hendaknya mencari hingga menemukan Tuhan sebagai sumber kasih. St. Maria Magdalena, yang kita pestakan pada hari ini, menginspirasi kita untuk hidup sesuai kehendak Allah. Paus Fransiskus mengatakan bahwa St. Maria Magdalena adalah sebuah teladan Evangelisasi sejati dan otentik, yang mewartakan pesan utama dan Paskah Kristus, surnber keselamatan kita. la menginspirasi kita untuk mernahami sebuah kerinduan akan kerahiman Allah.

Ya, Santa Maria Magdalena, doakanlah kami orang berdosa ini. Semoga kami selalu merindukan kasih Tuhan Yang Maharahim. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 22 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel