RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 30 JULI 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 30 JULI 2021

PEKAN BIASA XVII (HIJAU)

St. Petrus Krisologus; St. Yustinus de Yakbus;

BACAAN I: Im. 23:1.4-11.15-16.27.34b-37

MAZMUR: 81:3-6b.10-11b;

BACAAN INJIL: Matius 13:54-58

Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: "Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu? Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?" Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya." Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ.

RENUNGAN:

Penampilan seseorang bisa memberi kesan berbeda. Hanya melalui pengenalan yang intenslah, seorang bisa dikenali secara baik dan mendalam. Demikian juga Yesus. Tampaknya, apa yang ditampilkan-Nya menjadi batu sandungan bagi orang-orang sezaman. Mereka merasa mengenal Yesus dari asal usul dan pergaulan-Nya. Namun, misteri pribadi-Nya tidak pernah sungguh didalami. Mutu kehidupan pribadi- Nya tidak pernah mereka dalami sungguh-sungguh. Mereka hanya berhenti pada hal-hal yang formal dan lahiriah; tidak sampai pada jati diri-Nya yang sungguh mendalam.

Nabi tidak dihargai di tempat asalnya sendiri (Mat. 13,57). Hal ini menyadarkan kita akan banyaknya tantangan dalam tugas kenabian kita. Namun, terlepas dari apa pun tanggapan orang, kita senantiasa secara tulus dan jujur menjadi saksi Kristus. Menjadi nabi dalam konteks kita zaman ini harus mulai dari sendiri, yakni dengan keteladanan hidup. Baiklah kalau kita sungguh berusaha memberikan kesaksian yang benar akan keyakinan dan iman kita sebagai umat kristiani.

Ya Tuhan, berilah kami keberanian untuk mau bersaksi secara jujur dan tulus sebagai pengikut-Mu dalam setiap kata dan perbuatan kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 30 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel