RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 23 JULI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 23 JULI 2021

PEKAN BIASA XVI (HIJAU)

Sta. Brigita; St. Apolinaris

BACAAN I: Kel. 20:1-17

MAZMUR: 19:8-11;R:Yoh.6:64;

BACAAN INJIL: Matius 13:18-23

Karena itu, dengarlah arti perumpamaan penabur itu. Kepada setiap orang yang mendengar firman tentang Kerajaan Sorga, tetapi tidak mengertinya, datanglah si jahat dan merampas yang ditaburkan dalam hati orang itu; itulah benih yang ditaburkan di pinggir jalan. Benih yang ditaburkan di tanah yang berbatu-batu ialah orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira. Tetapi ia tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, orang itupun segera murtad. Yang ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah. Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat."

RENUNGAN:

Perumpamaan tentang benih yang ditaburkan tak lain berbicara tentang kondisi kehidupan umat beriman. Ada yang subur, ada yang berbatu-batu, ada yang bersemak duri, ada yang tidak subur, dll. Benih yang ditaburkan itu akan bertumbuh dan berbuah Iimpah kalau jatuh di tanah yang subur.

Lahan subur bagi benih Firman itu ialah hati yang terbuka untuk mendengarkan, merenungkan, dan mengambil hikmah dan setiap Firman Tuhan. Firman itu bergema dan menjadi pelita bagi langkah kita kalau kita mau dengan sadar dan bebas menghidupinya. Dari pihak Allah selalu mengetuk pintu hati kita: Apakah kita mau membuka hati agar Firman itu bersemai dalam hidup kita?

Yesus menyadarkan para murid bahwa Firman itu tidak selalu diterima dengan baik oleh manusia. Sering kali, kedegilan hati manusia menghambat pertumbuhan benih Firman itu. Mari kita membuka hati lebar-lebar; membiarkan hidup kita dituntun oleh Firman Allah Yang Hidup. Firman itu akan menuntun kita ke padang rumput yang hijau membentang dan ke sumber-sumber air yang tenang (bdk. Mzm. 23).

Ya Tuhan, suburkanlah hidup iman kami. Buatlah kami rendah hati dan terbuka terhadap bisikan sabda-Mu. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 23 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel