RENUNGAN PAGI (MINGGU, 20 JUNI 2021)



RENUNGAN PAGI

MINGGU, 20 JUNI 2021

PEKAN BIASA XII (HIJAU)

St. Silverius Paus

BACAAN I: Ayb. 38:1.8-11

MAZMUR: 107:23-24.25-26.28-29.30-31;

BACAAN II: 2Kor 5:14-17

BACAAN INJIL: Markus 4:35-40

DOA PAGI:

Allah Bapa yang kekal dan kuasa, Engkaulah keselamatan siapa saja yang berseru kepada-Mu. Katakanlah sabda-Mu, agar menjadi pegangan kami dalam bahaya dan bebaskanlah kami dari keragu-raguan. Ulurkanlah tangan-Mu untuk menolong kami dan teguhkanlah iman kami akan kehadiran-Mu di tengah-tengah kami dalam diri Yesus. Sebab Dialah Tuhan, kini dan sepanjang masa. Amin

RENUNGAN HARIAN:

Suatu hari, seorang katekis muda diminta pastor parokinya untuk memimpin satu acara doa syukur di salah satu stasi yang jauh. la sangat ketakutan dan khawatir, karena menurut cerita dari sesama katekis yang lebih senior, stasi ini tidak mudah untuk dijangkau. Selain letak stasi yang sangat jauh, tempat ini juga masih sangat sederhana. Meski dilanda ketakutan dan kekhawatiran ia tidak mau menyerah begitu saja. la mau melaksanakan tugas yang diberikan pastor paroki kepadanya.

Kekhawatiran memang dapat muncul dalam diri kita ketika hendak melaksanakan sesuatu. Hal ini juga dapat terjadi ketika kita akan melakukan karya pelayanan. Khawatir berlebihan dapat menggoncangkan iman kita. Para murid dalam Injil hari ini mengalami kekhawatiran luar biasa ketika angin ribut datang hendak menenggelamkan kapal yang mereka tumpangi. Mereka ketakutan, meski mereka ada bersama-sama dengan Yesus.

Cerita sederhana dalam Injil yang baru saja kita dengar, memberi gambaran kepada kita akan situasi Gereja saat ini. Badai kehidupan yang selalu saja dapat terjadi sewaktu-waktu, mampu membuat kita menjadi pesimis. Kita diundang agar tidak perlu takut. Sikap rendah hati mampu membuat iman kita semakin kuat ketika kita mengalami berbagai macam tantangan. Ketika sebagai orang beriman kita mau menyerahkan diri pada kuasa Allah, kita akan dimampukan untuk mengatasi persoalan dengan baik.

Kita memang tidak dapat seperti Yesus yang penuh kuasa dalam segala karya pelayanan-Nya. Namun sebagai pengikut Yesus, kita diberi kuasa untuk menaklukkan semua hal yang hendak membinasakan kita. la sendiri sudah memberi kita jaminan bahwa semua yang tinggal di dalam kasih-Nya tidak akan dibiarkan-Nya binasa. Gereja dapat saja mengalami banyak tantangan dan penolakan tetapi bukan berarti keadaan ini membuat kita berkecil hati. Kita perlu membuang jauh-jauh sikap khawatir yang berlebihan. Percayalah, Tuhan Yesus akan selalu ada bersama kita. Amin. [Rm. Tri Prasetyo, O.Carm.]


0 Response to "RENUNGAN PAGI (MINGGU, 20 JUNI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel