RENUNGAN PAGI (MINGGU, 13 JUNI 2021)

RENUNGAN PAGI


RENUNGAN PAGI

MINGGU, 13 JUNI 2021

PEKAN BIASA XI (HIJAU)

BACAAN I: Yeh. 17:22-24

MAZMUR: 92:2-3.13-14.15-16;

BACAAN II: 2Kor 5:6-10

BACAAN INJIL: Markus 4:26-34

DOA PEMBUKA:

Allah Bapa kami yang penuh kasih, yang kecil dan  tak berarti Kaupertimbangkan sepenuhnya. Pandanglah kami yang kecil dan papa ini dan perkenankkanlah kami tumbuh subur menyerupai wajah Kristus Putra-Mu terkasih, yang hidup dan berkuasa Allah, sepanjang segala masa. 

RENUNGAN HARIAN:

Setelah dilantik sebagai Presiden AS ke-39, Jimmy Carter berkunjung ke sebuah desa dan menyapa seorang petani dengan berkata, “Anda pasti telah bekerja dengan sangat keras sehingga mampu menghasilkan jagung yang sangat berkualitas, saya sangat kagum pada Anda.” Lalu petani itu pun menjawab, “Kagumlah pada Allah, sebab sejak jagung ini masih berupa benih hingga siap dipanen, tugas saya sesungguhnya hanyalah memupuk dan menyiram, sedangkan tugas untuk menumbuhkan seluruhnya dikerjakan oleh Allah.” Jawaban petani itu membuat Carter terharu dan tersadar, bahwa keberhasilan hidupnya sebagai anak seorang petani yang kemudian menjadi presiden adalah sepenuhnya karya Allah yang terlaksana di dalam hidupnya.

Hari ini, Yesus menegaskan bahwa segala pertumbuhan dan perkembangan di dunia hanya mungkin terjadi berkat campur tangan Allah. Benih yang ditaburkan di tanah terus bertumbuh tanpa disadari oleh si penanam yang sedang tidur karena Allah yang menumbuhkannya (bdk. Mrk 4:26-29). Biji sesawi yang merupakan biji yang terkecil di dunia bisa berkembang menjadi sayuran yang terbesar di dunia juga hanya mungkin terjadi karena Allah mengusahakannya (bdk. Mrk 4:30-32). Segala pertumbuhan dan perkembangan tidak akan pernah ada bila tidak ada campurtangan dan Allah.

Kita sering kali kurang menyadari bahwa segala prestasi yang boleh kita raih dalam kehidupan ini sesungguhnya adalah karya Allah semata. Kita merasa bahwa prestasi-prestasi kita di bidang akademik, pekerjaan, bisnis, semuanya adalah berkat kehebatan dan keunggulan diri kita. Alhasil, kita pun akhirnya menjadi pribadi yang sombong dan tidak mampu bersyukur. Sesungguhnya, segala pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi dalam hidup kita adalah berkat rahmat dan karya Allah semata. Semoga dengan selalu menyadari kehadiran dan peran Allah dalam kehidupan, kita boleh menjadi orang-orang yang rendah hati dan mampu bersyukur.


0 Response to "RENUNGAN PAGI (MINGGU, 13 JUNI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel