RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 21 JUNI 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 21 JUNI 2021

PEKAN BIASA XII

Pw. St. Aloysius Gonsaga (Putih)

BACAAN I: Kej. 12:1-9

MAZMUR : 33:12-13.18-19.20.22

BACAAN INJIL: Matius 7:1-5

"Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu. Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui? Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu. Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu."

RENUNGAN:

Dalam buku rangkaian kisah bermakna, Joseph Gorzone mengatakan: “Pilihan hidup kita menentukan cara kita melihat hidup dan memberikan fokus yang lebih jelas pada visi batin kita.” Abraham telah menentukan pilihan hidupnya berdasarkan sabda Allah. Ia pergi dari Haran menuju Kanaan karena percaya akan kehendak dan janji Allah (bdk. Kej.12: 1 -5). la melihat hidupnya sebagai berkat dari Allah. Namun, kita sering kurang percaya pada Tuhan; kita berusaha mencari kejelasan, kepastian, dan kebenaran dalam hidup. Kita kurang menyadari bahwa “Tuhan memandang dari sorga, Ia melihat semua anak manusia” (Mzrn. 33:13).

Dalam Injil, Yesus mengajarkan kita untuk sadar diri. Kita sering kurang sadar akan kelemahan diri dan cenderung lebih mudah menilai keburukan orang lain (bdk. Mat. 7:5). Kita kerap bersikap permisif dan menutup-nutupi kesalahan. Tuhan mengingatkan kita untuk bersikap rela dan berani menyadari kelemahan kita. Sikap batin ini hendaknya menjadi wujud kesetiaan kita pada kehendak Tuhan. Kesadaran akan dicintai Tuhan membuat kita juga dapat mencintai hidup kita dan orang lain. Maka, marilah kita memperbaiki diri dan belajar menyadari kelemahan kita. Kita mesti percaya dan menyerahkan hidup kita pada kehendak Tuhan.

Allah Yang Mahaadil, bantulah kami menyadari kelemahan kami dan membuat hidup kami lebih baik lagi sesuai kehendak-Mu. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 21 JUNI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel