RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 29 JUNI 2021)

renungan harian


 RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 29 JUNI 2021

PEKAN BIASA XIII

HR. ST. PETRUS DAN ST. PAULUS RASUL (MERAH)

BACAAN I: Kej. 12:1-11

MAZMUR: 34:2-3.4-5.6-7.8-9;

BACAAN II: 2Tim. 4:6-8.17-18

BACAAN INJIL: Matius 16:13-19

Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi." Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

RENUNGAN:

Rasul Petrus dan Paulus, yang kita rayakan hari ini, adalah dua rasul yang unik. Rasul Petrus, menampilkan “kemahakuasaan Tuhan” dan keberaniannya untuk terus bangkit bersama Tuhan dalam kelemahan dan kerapuhan insaninya. Sementara, dalam diri Paulus ditunjukkan kehendak Tuhan untuk menyelamatkan semua bangsa dan kebanggannya hanya pada salib Tuhan. Perpaduan keyakinan iman kedua rasul ini, Tuhan dan Gereja terus setia “mendelegasikan” tugas-pewarisan iman kepada kita, Gereja-umat beriman-untuk senantiasa sadar akan kekuatan yang bertopang hanya pada Tuhan dan memahami maksud penyelamatan yang universal.

Petrus mengatakan, ‘Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup’ (Mat.16:16). Namun, atas pengakuan ini Yesus tidak hanya Iangsung memuji jawaban Petrus, malah ia juga mengingatkannya: ‘Berbahagialah engkau Simon bin Yunus, bukan manusia yang mengatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga’ (Mat. 16:17). Yesus mengingaikan bahwa pengakuan akan Dia, sebagai Putra Allah, akan membawa hidup bahagia dan kekal karena rahmat Bapa-Nya. Akhirnya, Petrus menyadari: ‘Sekarang tahulah aku benar-benar bahwa Tuhan . . menyelamatkan aku ... dan segala sesuatu yang diharapkan orang Yahudi (Kis.12:11). Begitu pula Paulus, la menyadari akan tanggung jawabnya untuk memenuhi tugas perutusannya sebagai pelayan. la menyadari bahwa Tuhanlah yang senantiasa mendamping dan menguatkannya dalam pewartaan Injil bagi orang atau bangsa bukan Yahudi. Tuhan senantiasa membebaskan dia dari ‘mulut singa’ (bdk. 2Tim. 4:17) dan Tuhan akan melepaskan dia dari setiap usaha jahat (bdk. 2Tim. 4:18).

Tuhan, semoga teladan kedua rasul yang kami rayakan hari ini senantiasa mendorong kami untuk tidak ragu menjadi saksi-Mu dalam memberitakan Kabar Gembira bagi semua orang. Amin.


0 Response to " RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 29 JUNI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel