RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 22 JUNI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 22 JUNI 2021

PEKAN BIASA XII (HIJAU)

St. Paulinus dr Nola; St. Thomas Moore

BACAAN I: Kej. 13:2.5-18

MAZMUR: 15:2-3ab.3cd-4ab.5;

BACAAN INJIL: Matius 7:6.12-14

Dalam khotbah di bukit, Yesus berkata, "Janganlah kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu." "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi. Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya."

RENUNGAN

Kehidupan selalu membawa kita kepada pilihan-pilihan; mau melewati pintu dan jalan yang luas tetapi membawa kita kepada kebinasaan atau melewati pintu dan jalan yang sempit, tetapi membawa kepada kehidupan (lih. Mat. 7:13-14). Abram dan Lot merupakan contoh unggul bagi kita dalam mengikuti Tuhan. Pilihan mereka membawa kepada persatuan dengan Allah, sehingga hidup mereka begitu berkelimpahan (bdk. Kej. 13:2.5-6). Di zaman modern ini, manusia cenderung hidup dalam kenikmatan duniawi. Manusia jatuh dalam paham paham sesat, seperti kesenangan, individualisme, gaya hidup yang serba instan, dan sebagainya. Namun juga, ada sebagian orang enggan hidup dalam kenikmatan duniawi, sebab hal tersebut bukan jaminan akan keselamatan. Mereka lebih memilih menggunakan hal-hal duniawi untuk kepentingan bersama dan bagi mereka yang terpinggirkan (bdk. Mzm.15:1a-2).

Hidup kita selalu dihadapkan pada dua pilihan; hal-hal duniawi dan hal-hal surgawi (bdk. Mat. 7:6 ; 6:19-20). Dalam hal ini, kita bertanggung jawab terhadap pilihan tersebut. Belajar dari pengalaman Yesus, kita diajak untuk kembali merenungkan pilihan hidup kita, apakah sudah sesuai dengan teladan Yesus Kristus atau tidak. Kita diajak untuk selalu berupaya memilih jalan yang baik, jalan keselamatan; jalan yang mengantar kita pada Tanah Air Surgawi. Jalan itu kita mulai menitinya dari sini dan kini dalam pilihan-pilihan baik kita setiap hari.

Ya Tuhan, mampukan kami mengambil keputusan yang tepat terutama pada saat saut sulit dalam hidup kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 22 JUNI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel