RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 10 JUNI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 10 JUNI 2021

PEKAN BIASA X (HIJAU)

St. Hendrikus Balzano

BACAAN I: 2Kor. 3:15-4:1.3-6

MAZMUR: 85:9ab-10.11-12.13-14;

BACAAN INJIL: Matius 5:20-26

Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala. Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu. Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas.

RENUNGAN

Hidup beragama atau beriman mesti berbuah dalam hidup sehari-hari, yaitu hidup damai sejahtera. Injil atau Kabar Sukacita yang diwartakan Yesus dan diteruskan oleh para rasul dan Gereja hingga saat ini adalah jaminan hidup damai sejahtera itu. Paulus mengatakan: “Jika injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka yang akan binasa” (2Kor. 4:3). 

Yesus secara tegas mengatakan: “Aku berkata kepadamu sesungguhnya engkau tidak akan keluar dan sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas” (Mat. 5:26). Maksudnya ialah untuk memperoleh kemerdekaan dan kebebasan, Yesus menganjurkan agar kita berdamai dahulu dengan musuh dan dengan orang yang tidak kita sukai atau karena sesuatu. Artinya, hidup kita akan bebas dan Iayak di hadapan Tuhan jika kita saling memaafkan dan berdamai. Kedamaian ini diawali dengan berdamai dengan diri sendiri baru kemudian dengan sesama dan Tuhan. Tuhan sendiri ingin kita hidup damai dan merdeka dalam kasih-Nya. Ia mengatakan: “Bukankah ia hendak berbicara tentang damai kepada umat-Nya dan kepada orang-orang yang dikasihi-Nya supaya jangan mereka kembali kepada kebodohan?” (bdk. Mzm. 85:9a).

Ya Tuhan, berilah kami hati yang lapang dan pikiran yang jernih agar kami mampu berdamai dengan diri sendiri dan sesama. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 10 JUNI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel