RENUNGAN PAGI (SELASA, 1 JUNI 2021)

RENUNGAN PAGI


RENUNGAN PAGI

SELASA, 1 JUNI 2021

PEKAN BIASA IX

PW. St. Yustinus Martir (Merah)

St. Simeon; St. Yohanes Storey

BACAAN I: Tob. 2:9-14

MAZMUR: 112:1-2.7bc-8.9;

BACAAN INJIL: Markus 12:13-17

DOA PAGI:

Allah Yang Mahakasih, terimakasih atas mukjizat dalam hidupku ini. Bimbinglah aku hari ini untuk melihat, merasakan, dan menikmati mukjizat yang Kau berikan kepadaku. Jadikanlah aku orang yang mampu bersyukur atas segala sesuatu dan jauhkanlah daripadaku sikap mudah terlena akan karunia-Mu itu. Demi Kristus Tuhan kami. Amin

RENUNGAN HARIAN:

‘Tidak ada kawan atau lawan yang abadi! Yang abadi hanyalah kepentingan.” Kaum Farisi menolak pembayaran pajak. Bagi mereka, tanah adalah harta pusaka turun-temurun, milik Allah. Sementara orang Herodian (orang Yahudi pendukung Herodes Antipas) tidak mempermasalahkan pembayaran pajak. Kedua kelompok yang sehari-hari bertolak belakang ini, bersekongkol untuk menjerat Yesus. Mereka sepakat untuk melakukan kejahatan. Persekongkolan itu mereka wujudkan dengan pertanyaan bersayap, “Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?” (Mrk 12:14). Jika Yesus menjawab “boleh”, secara teologi, Dia dipersalahkan karena melawan Taurat. Sebaliknya, jika ia menjawab “tidak”, secara politis salah, sebab Dia menentang Kaisar (makar). Maju kena, mundur pun kena.

Yesus mengajak kedua kelompok untuk berdialog, “Gambar dan tulisan siapakah ini?” Jawab mereka, “Gambar dan tulisan Kaisar.” Kalau begitu “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar.” Sebenarnya dengan jawaban tersebut, masalah sudah selesai. Namun, Yesus menambahkan hal baru yang tak terduga oleh mereka, “Dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah” (Mrk 12:17). Dengan tambahan tersebut, Yesus hendak menunjukkan perlunya integritas, yang satu dilakukan, yang lain jangan diabaikan.

Benarkah kaum agamawan (Farisi) mementingkan Allah? Jangan-jangan mereka menomorsatukan kepentingan sendiri dengan memperalat agama (Allah). Sementara mereka yang pro penguasa (Herodian), benarkah mereka telah memberikan kepada Kaisar apa yang menjadi haknya? Jangan-jangan mereka hanya ingin mendapatkan sesuatu yang menguntungkan dirinya atau kelompoknya.

Allah menciptakan dunia seisinya tak saling bertentangan. Maka, jangan mempertentangkan hal-hal yang tak bertentangan. Sebaliknya, mari menyucikan diri kita dengan mengurus hal-hal dunia dalam terang ilahi, sesuai kehendak Allah, sehingga menjadi berkat untuk semua. Amin


0 Response to "RENUNGAN PAGI (SELASA, 1 JUNI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel