RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 30 MEI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 30 MEI 2021

HARI RAYA TRITUNGGAL MAHAKUDUS (PUTIH)

BACAAN I: Ul. 4:32-34.39-40

MAZMUR: 33:4-5.6.9.18-19.20.22;

BACAAN II: Rm. 8:14-17

BACAAN INJIL: Matius 28:16-20

Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

RENUNGAN:

Hal tersulit bagi kita sebagal umat Kristiani ialah menjawab pertanyaan, mengapa Allah orang Kristen itu tiga, yakni Bapa, Putra, dan Roh Kudus? Apakah kita menyembah tiga Allah? Sering kali kita hanya disibukkan dengan angka tiga yang adalah satu, atau sebaliknya menyibukkan angka satu, tetapi tiga pribadi. “Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian” (2Kor. 13:13). Iman kita akan Tritunggal bukan dalam pemahaman matematika melainkan dalam relasi atau persekutuan kasih. Ketiga pribadi ilahi itu tidak memiliki kuasa yang mandiri, melainkan selalu dalam relasi kasih. Sebaliknya keesaan yang dimaksud dalam konteks iman kita adalah kesatuan kehidupan atau kesatuan dan kasih yang hidup.

Patut untuk menjadi pegangan bahwa kita percaya pada Allah Yang Esa sekaligus tiga pribadi (Tritunggal). Kita tidak bisa menyebut Allah Tritunggal, kalau tidak melihat dalam kesatuan-Nya. Ketika kita mengatakan Allah Bapa, Allah Putra, dan Allah Rob Kudus, kita tidak bisa memisahkan pribadi-pribadi ini, tetapi kita harus melihat dalam satu ikatan kasih. Pengenalan Allah Tritunggal bukanlah pengenalan rasional, melainkan pengenalan iman yang lahir dari kebenaran Akitab, Tradisi, dan Magisterium Gereja. Hari ini kita diajak untuk lebih menghayati Allah Tnitunggal dalam ikat kasih. Kita bisa memulai dan hal sederhana seperti mengahayati hidup perkawinan kita, imamat dan juga hidup membiara dalam kasih.

Allah Tritunggai Mahakudus, tumbuhkanlah iman kami. Semoga kami mampu bertumbuh dalam relasi kasih sebagaimana Engkau sendiri adalah kasih. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 30 MEI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel