RENUNGAN PAGI (MINGGU, 18 APRIL 2021)

renungan pagi


RENUNGAN PAGI

MINGGU, 18 APRIL 2021

PEKAN PASKAH III (PUTIH)

St. Eleutherius, Paus; B. Maria dr Inkarnasi

BACAAN I: Kis. 3:13-15.17-19

MAZMUR: 4:2.4.7.9;

BACAAN II: 1Yoh. 2:1-5a

BACAAN INJIL: Lukas 24:35-48

DOA PEMBUKA:

Allah Bapa kami yang kekal dan kuasa, Engkau telah memenuhi janji yang ditawarkan para nabi, pada diri Yesus yang telah bangkit dan hidup mulia. Kami mohon, bersabdalah kepada kami agar kami dapat mengenal Engkau dan mengasihi Engkau sebagai Bapa kami, yang patut dipercaya karena selalu mengatakan yang benar serta melaksanakannya. Demi Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin

RENUNGAN HARIAN:

Setiap orang kristiani diingatkan untuk menjadi pribadi Paskah. Pribadi Paskah harus siap menjadi saksi Kristus. Kebangkitan Tuhan memberi energi baru bagi para murid. Dua murid dari Emaus setelah mengalami perjumpaan dengan Yesus, segera kembali ke Yerusalem untuk bertemu dengan teman-teman mereka. Di sana mereka dengan penuh semangat menceritakan peristiwa perjumpaan mereka dengan Yesus.

Para murid di Yerusalem juga dengan penuh semangat menceritakan perjumpaan mereka dengan Yesus yang bangkit. Dalam suasana kegembiraan itu Yesus menampakan diri lagi kepada mereka untuk meneguhkan keyakinan mereka bahwa Ia benar-benar bangkit. Tuhan Yesus adalah tokoh utama dalam ziarah hidup para murid. Rasa hati penuh ragu dan takut, kini mesti diubah ke dalam ‘girang dan penuh sukacita’.

Belajar dari kehidupan domba-domba, mereka lebih suka berkelompok bersama teman-temannya ketimbang sendiri dalam beraktivitas, dengan berkelompok mereka menjadi kuat dan aman. Seekor domba akan merasa gelisah jika terpisah dari kawanannya saat mencari makan. Demikian juga, adanya perjumpaan kembali dua murid dengan saudara-saudara yang lain memberikan kekuatan baru bagi mereka. Yesus hadir dan meneguhkan mereka dari rasa cemas, takut, ragu, tidak nyaman, dan kurang percaya diri. Jadilah pribadi Paskah, ketika setiap orang yang mengimani Kristus yang bangkit menjadi pribadi yang tidak takut dan ragu-ragu. Hubungan yang akrab dengan Yesus akan mendatangkan rahmat pertobatan dan pengampunan dosa, serta menjadi sumber kekuatan tatkala kita menghadapi berbagai cobaan, tantangan, dan kesulitan. Pribadi Paskah berani untuk bersaksi akan kasih Tuhan.


0 Response to "RENUNGAN PAGI (MINGGU, 18 APRIL 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel