RENUNGAN PAGI (MINGGU, 7 MARET 2021)

renungan pagi

RENUNGAN PAGI

MINGGU, 7 MARET 2021

PEKAN PRAPASKAH III

DOA PEMBUKA:

Allah Bapa Yang Mahabaik, Engkau telah menunjukkan kepada kami jalan hidup yang benar supaya kami tidak tersesat. Semoga, selama masa tobat ini, kami sungguh-sungguh mengarahkan diri untuk selalu berada di jalan Putra-Mu, yaitu jalan keadilan, kejujuran, kedamaian dan cinta kasih. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

RENUNGAN HARIAN:

Hari ini kita mendengarkan cerita tentang kemarahan Yesus di Bait Allah. Di sana, Yesus menjungkirbalikan meja-meja penukar uang dan mengusir penjual-penjual hewan yang akan dipakai sebagai persembahan.

Dalam perayaan Ekaristi yang kita rayakan, kita akan selalu mendengarkan kalimat berikut, “Lakukanlah ini sebagai kenangan akan Aku”. Ekaristi adalah ‘rangkuman’ kisah hidup Yesus sendiri. Yesus yang hidup dan mewartakan sabda Allah. Yesus yang mengadakan perjamuan makan bersama murid-murid-Nya. Singkatnya, seluruh perjalanan hidup dan karya, sengsara serta kebangkitan Yesus diulang kembali dalam Ekaristi.

Sadar atau tidak, kita kerap lebih sibuk mempersiapkan ‘hewan-hewan’ apa yang akan dipersembahkan. Kita sibuk dengan jual beli seperti yang terjadi di halaman Bait Allah. Artinya, kita melupakan hal yang penting dalam merayakan Ekaristi. Kita kerap lupa, tujuan utama kita merayakan Ekaristi. Kita lupa beryukur bahwa melalui Ekaristi, kita dihidupi oleh Allah sendiri selaku Bapa kita. Manusia diberi hidup oleh manakan dan minuman; melalui sabda dan santapan. Bukan hanya itu, manusia juga diberikan kehidupan kekal lewat penebusan dosa yang terjadi lewat sengsara dan wafat Yesus.

Bila para murid Yesus dan kita teringat akan apa yang pernah diucapkan-Nya; juga mengingat kebaikan Allah yang terlaksana dalam hidup kita. Karenanya, kita akan selalu mengucap syukur dan merayakan Ekaristi sebagai kenangan akan betapa baiknya Allah dalam hidup kita. Bukan sekedar pemenuhan kewajiban sebagai orang beragama. Semoga masa Prapaskah ini, membantu kita mengingat kembali seluruh kebaikan Allah yang dilimpahkan-Nya dalam hidup kita. 


0 Response to "RENUNGAN PAGI (MINGGU, 7 MARET 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel