RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 22 MARET 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 22 MARET 2021

Pekan Prapaskah V (UNGU)

St. Zakaris, Paus; Sta. Lea

BACAAN I: Dan. 14:41c-62

MAZMUR: 23:1-3a.3b-4.5.6;

BACAAN INJIL: Yohanes 8:1-11

"Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan ini"

Sekali peristiwa Yesus pergi ke bukit Zaitun. Pagi-pagi benar Ia berada lagi di Bait Allah, dan seluruh rakyat datang kepada-Nya. Ia duduk dan mengajar mereka. Maka ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berbuat zinah. Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah lalu berkata kepada Yesus: "Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zinah. Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?" Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia, supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah. Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu." Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah. Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya. Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?" Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."

RENUNGAN:

Ada orang yang enggan menjadi lektor di gereja. Ada yang beralasan takut salah, grogi berada di hadapan banyak orang. Mereka merasa bahwa beberapa orang duduk bukan untuk mendengarkan Sabda Tuhan, melainkan mencari-cari kesalahan dan kekurangan dari pelayanan yang mereka lakukan. Mungkin, kita pun melakukan hal yang sama terhadap orang lain. Setiap ada orang lain di hadapan kita, secara spontan kita akan memberikan penilaian. Sering kali kita mencari-cari yang kurang berkenan di hati kita. Kita selalu mencari titik kelemahan untuk menghakimi orang lain.

Dalam Injil hari ini, seorang wanita yang ketahuan berbuat zinah dihadapkan kepada Yesus untuk dipersalahkan, dan dihukum. Semua orang yang membawa wanita itu merasa diri paling benar dan paling berhak untuk mengadili wanita itu. Merak menganggap diri sebagai orang yang mengenal hukum Taurat. Namun, mereka semata-mata hanya mengetahui hukum Tuhan tetapi tidak mempunyai hati. Inilah perbedaan mereka dengan Yesus. Yesus tidak lantas menghakimi wanita itu. Ia justru mengampuninya dan membiarkan wanita itu untuk bertobat. Ia memberikan kesempatan kepada wanita itu untuk menjalani hidup yang baru. “Pergilah dan jangan berbuat dosa lagi mulai sekarang”.

Ya Yesus, wajah-Mu tidak pernah menghakimi kami. Wajah-Mu senantiasa menunjukan wajah yang berbelas kasih. Kasihanilah kami orang berdosa ini. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 22 MARET 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel