RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 19 MARET 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 19 MARET 2021

PEKAN PRAPASKAH IV (UNGU)

HARI RAYA ST YUSUF, SUAMI MARIA

BACAAN I: 2Sam. 7:4-5a.12-14a.16

MAZMUR: 89:2-3.4-5.27.29;

BACAAN II: Rm. 4:13.16-18.22

BACAAN INJIL: Matius 1:16.18-21.24a

"Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan"

Menurut silsilah Yesus Kristus, Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus. Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. 

RENUNGAN:

Hari ini, kita merayakan Hari Raya St. Yosef, suami Bunda Maria. Kisahnya mungkin tidak terlalu banyak dalam Kitab Suci. Namun, kisah yang singkat itu sudah dapat menggambarkan siapakah sosok St. Yosef ini. Dalam bacaan Injil, kita diceritakan bahwa sewaktu bertunangan, Yosef mengetahui bahwa Maria sudah mengandung. Dengan diam-diam, ia hendak menceraikan Maria. Ia melakukan hal tersebut supaya tidak mendatangkan hukuman berat pada Maria, yaitu dilempari batu. Inilah tindakan ketulusan hati Yosef. Namun, pada saat Yosef sedang mempertimbangkan hal itu, ia mendengar suara Allah. Dan tanpa banyak bertanya, tanpa banyak keraguan Yosef pun melakukan seperti apa yang Allah perintahkan.

Tindakan Yosef adalah tindakan yang sangat berkenan pada Allah. Ia lebih mendengarkan apa yang dikehendaki Allah daripada semua yang ada dalam pikiran dan keinginan. Yosef mengajarkan kita arti ketulusan mencintai, mengajarkan kita arti menerima pasangan atau orang lain apa adanya, mengajarkan kita tentang makna bertanggung jawab dalam keluarga, mengajarkan kita mendidik anak dalam iman akan Allah Yang Mahakasih, dan mengingatkan kita bahwa dalam kepasrahan total pada janji Allah, kita akan mengalami sukacita sejati.

Tuhan, hari ini kami hendak mengenang St. Yosef. Ia sungguh-sungguh seorang kepala keluarga yang taat kepada-Mu. Semoga dengan semangat St. Yosef, kami pun menjadi pendengar yang tekun dan pelaksana firman-Mu. Demi Kristus, Tuhan kami. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 19 MARET 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel