RENUNGAN PAGI (MINGGU, 14 FEBRUARI 2021)

RENUNGAN PAGI


RENUNGAN PAGI

MINGGU, 14 FEBRUARI 2021

PEKAN BIASA VI

DOA PEMBUKA:

Allah Bapa kami, kami bersyukur karena melalui Putra-Mu, Yesus Kristus, Engkau telah mengangkat martabat orang-orang yang kecil, lemah, miskin, tersingkir dan menderita. Semoga teladan hidup-Nya menggerakkan kami untuk melakukan hal yang sama sehingga karya penyelamatan-Mu sungguh menjadi nyata dalam diri kami. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin

RENUNGAN HARIAN:

Selama masa pendemi Covid-19 yang diwajibkan bukan sentuhan fisik tetapi jaga jarak fisik/ social. Pemakaian masker diwajibkan. Hal ini tentu mempengaruhi cara orang-orang berkomunikasi satu sama lain, karena takut tertular virus. Pada zaman Yesus apabila ada orang yang kedapatan tertular penyakit kusta, maka ia diasingkan dari komunitas atau masyarakat. Ia tidak diizinkan untuk mengambil bagian dalam ibadat-ibadat di Sinagoga dan untuk tinggal bersama keluarganya. Dengan menjamah orang kusta, Yesus beresiko tertular penyakit itu. Ia juga mungkin menjadi kotor secara ritual sesuai peraturan Yahudi dan harus mengikuti proses purifikasi atau pemurnian sebelum diizinkan untuk kembali beribadat di Sinagoga. Tentunya Yesus sudah tahu akan resiko itu, demi kebaikan penderita kusta. Dengan menyembuhkannya. Yesus mengadakan sesuatu yang sangat berarti. Selain menyembuhkan secara fisik, Yesus juga mengembalikan orang kusta itu kedalam keluarga, komunitas, masyarakat, tempat ibadat di sinagoga, hidup yang normal kembali, dan memulihkan martabat manusianya. Ia menunjukan bela rasa dan solidaritas yang mendalam atas penderitaan orang itu.

Kita diharapkan untuk hidup dalam komunitas bersama, bukan untuk isolasi. Kita dipanggil untuk menghidupi iman kita dalam dan bersama dengan komunitas. Kadang kita sering memisahkan diri dari orang lain karena luka-luka yang masih kita bawa terus atau karena sejumlah penyakit kusta modern seperti: ketagihan alkohol, obat terlarang, depresi, kesepian, berjudi, dsb. Jangan sampai luka-luka ini menjadi penghalang bagi kita untuk hidup bersama dengan sesama kita.


0 Response to "RENUNGAN PAGI (MINGGU, 14 FEBRUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel