RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 23 FEBRUARI 2021)

 

RENUNGAN HARIAN

RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 23 FEBRUARI 2021

Pekan Prapaskah I (Ungu)

Pw. St. Polikarpus, UskMrt (M)

BACAAN I: Yes. 55:10-11

MAZMUR: 36:4-5.6-7.16-17.18-19;

BACAAN INJIL: Matius 6:7-15

"Yesus mengajar murid-Nya berdoa"

Dalam khotbah di bukit, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. Karena itu berdoalah demikian: "Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. "Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

RENUNGAN

Sabda Tuhan penuh daya dan kuasa. Ia mencipta, mengubah, mematikan, tetapi juga membangkitkan. Hal itu kita dengar atau kita baca dalam Kitab Nabi Yesaya pada hari ini. Sabda Tuhan sama seperti hujan, yang tidak akan kembali, sebelum meresap ke tanah dan menghidupi banyak tanaman dan hewan, dan pada akhirnya memenuhi kebutuhan dasar manusia. Sebenarnya, semua yang ada pada alam: hujan, hewan, tumbuhan, dan semuanya berasal-mula dari Firman Tuhan (Kej. 1:1-31). Karena itu objek alam tidak hanya mempunyai fungsi dalam perbandingan, tetapi juga secara nyata menggambarkan kekuatan Firman Allah itu sendiri.

Demikian secara kodrati kekuatan Firman Allah itu ada pada manusia. Karena itu kita harus selalu bersatu dengan Tuhan dan Firman-Nya. Salah satu jalan untuk bersatu dengan-Nya adalah doa. Dalam Injil hari ini diajarkan oleh Yesus doa Bapa Kami; doa yang padat, singkat, dan jelas. Salah satu tanda daya Sabda Allah mengampuni dan memaafkan dosa orang, sehingga kita pun diampuni. Diri kita kiranya menjadi seperti hujan yang meresap kedalam tanah, menjadi seperti tanah yang menyerap air hujan (Firman Tuhan), dan menjadi seperti benih yang tumbuh dalam tanah dibasahi air hujan.

Ya Tuhan, semoga Sabda-Mu menjadi daya kekuatan yang mengubah hidup kami, dan membuat kekuatan kami menjadi pendorong mekarnya kebenaran, kebaikan, dan keindahan dalam hidup ini. Semoga dunia ini sungguh menjadi dunia yang pehuh dengan buah-buah keadilan dan perdamaian. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 23 FEBRUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel