RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 20 FEBRUARI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 20 FEBRUARI 2021

PEKAN PRAPASKAH I (UNGU)


Sta. Irene; St. Petrus Damianus, UskPujG

BACAAN I: Kej. 9:8-15

MAZMUR: : 25:4bc-5ab.6-7ab.8-9;

BACAAN II: 1Ptr. 3:18-22

BACAAN INJIL: Markus 1:12-15

Yesus dicobai oleh Iblis dan malaikat-malaikat melayani Dia."                  

Sekali peristiwa Roh memimpin Yesus ke padang gurun. Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dan dicobai oleh Iblis. Yesus berada di sana di antara binatang-binatang liar, dan malaikat-malaikat melayani Dia. Sesudah Yohanes Pembaptis ditangkap, datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah. Yesus memberitakan, "Waktunya telah genap. Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!"Sekali peristiwa Roh memimpin Yesus ke padang gurun. Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dan dicobai oleh Iblis. Yesus berada di sana di antara binatang-binatang liar, dan malaikat-malaikat melayani Dia. Sesudah Yohanes Pembaptis ditangkap, datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah. Yesus memberitakan, "Waktunya telah genap. Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!"    

RENUNGAN:

Salah satu aspek penting dalam kehidupan kita adalah perjanjian dengan berbagai bentuk dan jenis persyaratan. Dalam sejarah keselamatan, perjanjian juga menjadi sebuah dimensi penting. Dalam bacaan pertama hari ini, kita membaca perjanjian Allah dan Nuh bersama semua makhluk hidup. Allah akan menyertai Nuh dan semua isi bumi dan tentu saja dari pihak Nuh mesti ada kesetiaan. Salah satu aspek yang selalu ditekankan adalah pertobatan. Air bah adalah simbol purifikasi dosa, dan setelahnya Nuh dan semua keturunannya tidak boleh lagi melakukan dosa. Dengan itu, tidak akan ada lagi air bah.

Dalam bacaan kedua, Santo Petrus menekankan bahwa air bah Nuh sekarang telah menjadi air pembaptisan yang menyelamatakan manusia. Air pembaptisan memurnikan hati supaya bersemi hati nurani yang baik. Air pembaptisan beriringan dengan kesadaran tobat manusia. Kristus yang telah dibaptis di Sungai Yordan, berpuasa dan dicobai Iblis. Setelah itu Yesus mewartakan pertobatan.

Ya Tuhan, dengan menerima sakramen-sakramen, terutama Sakramen Baptis, kami Kau murnikan dari dosa, supaya tumbuh hati nurani yang jernih. Dengan itu, kiranya kami selalu bertobat setiap kami jatuh dalam dosa. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 20 FEBRUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel