RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 4 FEBRUARI 2021)

RENUNGAN HARIAN


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 4 FEBRUARI 2021

Pekan Biasa IV (HIJAU)

St. Yohanes de Britto; St. Isidorus dr Mesir.

BACAAN I: Ibr. 12:18-19.21-24

MAZMUR: 48:2-3a.3b-4.9.10-11;

BACAAN INJIL: Markus 6:7-13

"Yesus mengutus murid-murid-Nya".

Sekali peristiwa, Yesus memanggil kedua belas murid itu dan mengutus mereka berdua-dua. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat, dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan, boleh memakai alas kaki, tetapi jangan memakai dua baju. Kata-Nya selanjutnya kepada mereka: "Kalau di suatu tempat kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari tempat itu. Dan kalau ada suatu tempat yang tidak mau menerima kamu dan kalau mereka tidak mau mendengarkan kamu, keluarlah dari situ dan kebaskanlah debu yang di kakimu sebagai peringatan bagi mereka." Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat, dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.

RENUNGAN:

Injil keselamatan Allah harus diwartakan. Kuasa pembebasan Tuhan harus dibagikan. Karena itu, Yesus memilih dua belas murid-Nya, mengutus mereka, dan mereka diberi-Nya kuasa atas roh-roh. Yesus melarang para murid-Nya membawa apa-apa kecuali tongkat. Tugas mereka berat namun fasilitas minim. Akan tetapi kuasa yang diberikan Tuhan sudah cukup. Kuasa itu membuat para murid bisa dekat dengan sesamanya, dan pada mereka itulah ada semua hal yang mereka butuhkan, seperti makanan, pakaian, dan uang. Modal spiritual, turun ke modal sosial, dan semuanya menjelma dalam modal material.

Karya pewartaan bukan mendekati dan melekat pada kekuatan dan kekuasaan dunia, tetapi pada Bukit Zion, yaitu kota kediaman Allah. Demikian dinyatakan dalam bacaan pertama yang diambil dari Surat kepada umat di Ibrani. Dasar dan prinsip pewartaan dan karya keselamatan Allah adalah Allah itu sendiri dan kerajaan-Nya, yang merangkum semua kerajaan dunia. Kekuatan dunia dalam bentuk sumber daya alam dan sumber daya manusia dan IPTEKnya seharusnya berjalan bersamaan dengan kekuatan dan kuasa ilahi. Hanya dengan itu roh-roh jahat terusir. 

Ya Allah, semoga kami sadar bahwa keberadaan kami adalah untuk melanjutkan karya-Mu. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 4 FEBRUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel