MASA PRAPASKAH 2021

masa prapaskah 2021


MASA PRAPASKAH 2021

Saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus. Gereja Katolik memasuki Masa Prapaskah tahun 2021 ini pada tanggal 17 Februari, yang diawali dengan hari Rabu Abu. Dimana Rabu Abu merupakan mulainya masa pertobatan, pantang dan puasa. Yesus mau mengingatkan kepada kita umat-Nya untuk tidak pamer kebaikan. Segala sesuatu yang dilakukan, sebisa mungkin dilakukan dalam keadaan tersembunyi. Hal ini didasarkan agar kita tidak jatuh pada pencarian kepuasan diri yang semu. Yesus menghendaki berbagai kebijakan spiritual yang kita lakukan dalam Masa Prapaskah ini dengan cara berpuasa, berdoa, dan bersedekah. Tentu hal ini bukan semata-mata untuk mendapatkan pujian dan pengakuan dari orang lain dan dunia, tetapi untuk mengangkat derajat sesama yang hadir dalam keseharian kita, dan memuliakan Allah yang tinggal dalam ketersembunyian. Dalam ketersembunyian Allah telah menciptakan kita, dan dalam kesunyian pula Ia telah menyelamatkan kita.

Di era sekarang ini, teknologi yang semakin maju sangat membantu kehidupan manusia. Meskipun ada sisi positif, tetapi juga banyak sisi negatifnya. Banyak orang merasa kurang dari dirinya sendiri jika belum menggunakan teknologi (handphone, internet, sosial media, dll). Yesus mau mengingatkan bahwa setiap orang yang mau mengikuti-Nya untuk tidak pamer kebaikan, terutama kebaikan yang ditunjukan kepada semua orang lewat sosial media (internet).

Dalam Masa Prapaskah tahun 2021 ini, Yesus ingin menyadarkan kita untuk kembali berjalan di jalan yang telah ditunjukan-Nya. Yesus menunjukan bahwa jalan itu adalah jalan ketersembunyian dan kesunyian. Bukan untuk diakui dan dipuji oleh orang lain, melainkan perbuatan baik, berpuasa, berdoa secara tersembunyi, dan membantu sesama kita yang mengalami kesusahan. Amin


0 Response to "MASA PRAPASKAH 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel