RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 30 JANUARI 2021)

renungan harian sabtu 30 januari 2021


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 30 JANUARI 2021

Hari Biasa III (HIJAU)

St. Gerardus; Sta. Maria Ward

BACAAN I: Ibr. 11:1-2.8-19

MAZMUR: Luk.1:69-70.71-72.73-75;  

BACAAN INJIL: Markus. 4:35-41

"Angin dan danau pun taat kepada Yesus"

Pada hari itu, waktu hari sudah petang, Yesus berkata kepada mereka: "Marilah kita bertolak ke seberang." Mereka meninggalkan orang banyak itu lalu bertolak dan membawa Yesus beserta dengan mereka dalam perahu di mana Yesus telah duduk dan perahu-perahu lain juga menyertai Dia. Lalu mengamuklah taufan yang sangat dahsyat dan ombak menyembur masuk ke dalam perahu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air. Pada waktu itu Yesus sedang tidur di buritan di sebuah tilam. Maka murid-murid-Nya membangunkan Dia dan berkata kepada-Nya: "Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?" Ia pun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: "Diam! Tenanglah!" Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali. Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?" Mereka menjadi sangat takut dan berkata seorang kepada yang lain: "Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?"

RENUNGAN:

Situasi pandemi Covid-19 membuat banyak orang mengalami ketakutan yang luar biasa. Takut terpapar atau menyebarkan virus itu kepada anggota keluarga, teman, tetangga, dll. Pengalaman serupa pernah dialami para murid ketika menghadapi badai dan gelombang. Mereka panik, takut, dan cemas yang luar biasa.

Pengalaman para murid yang menghadapi taufan dalam kecemasan itu berbeda jauh dengan pengalaman Abraham yang menghadapi ‘badai kehidupan’ untuk mempersembahkan Ishak. Kita bisa membayangkan betapa galaunya hati Abraham bahwa Anak satu-satunya yang ditunggu di masa tuanya harus dikurbankan. Namun, karena ketaatan iman itulah maka Abraham mengalami kemurahan Allah. Salah satu berkatnya adalah Sara, istrinya, pada usia tuanya masih bisa mengandung.

Hidup kita tidak mungkin lepas dari masalah dan pergulatan. Namun, sebagai murid Yesus, apa pun persoalan dalam hidup kita pasti akan berlalu dan kita akan berdiri sebagai pemenang. Yesus menjanjikan kita bahwa Ia selalu menyertai kita dalam situasi apa pun; saat kita tertawa, saat kita menangis, saat kita terluka, saat kita bergumul, dan sepanjang hidup kita Ia terus menyertai. Yang dituntut dari pihak kita adalah iman yang teduh dan kasih yang sempurna.

Tuhan Yesus, Engkaulah andalan kami. Sertailah kami dan berilah kami ketenangan tatkala kami mengalami badai dalam perjalanan hidup kami. Kami sungguh percaya bahwa Engkau tidak pernah membiarkan kami dihempas oleh badai persoalan yang terjadi sepanjang lorong kehidupan ini. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 30 JANUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel