RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 28 JANUARI 2021)

renungan harian kamis 28 januari 2021


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 28 JANUARI 2021

Pekan Biasa III (HIJAU)

PW. St. Thomas dr Aquino

BACAAN I: Ibr. 10:19-25

MAZMUR: 24:1-2.3-4ab.5-6;

BACAAN INJIL: Markus 4:21-25

"Pelita dipasang untuk ditaruh diatas kaki dian. Ukuran yang kamu pakai akan dikenakan pula padamu".

Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian. Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap. Barangsiapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!" Lalu Ia berkata lagi: "Camkanlah apa yang kamu dengar! Ukuran yang kamu pakai untuk mengukur akan diukurkan kepadamu, dan di samping itu akan ditambah lagi kepadamu. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya."

RENUNGAN:

Kebenaran Injil harus ditampakan. Berdasarkan sifatnya, terang membuat dirinya nyata hingga dapat dilihat oleh banyak orang. Begitu jugalah kebenaran, yang adalah terang firman Tuhan. Jika kita telah mendengar kebenaran Allah, kita bertanggung jawab untuk menyatakan terang itu. Tidak boleh disembunyikan. Sebagaimana St. Thomas Aquinas diberi terang akal budi untuk menerangi dunia dengan ilmu dan kebenaran.

Yesus tidak menginginkan murid-murid-Nya menutupi segala perkataan-Nya. Apa yang telah mereka dengar bukan untuk disimpan. Mereka harus menyebarkannya. Sebab itu, mereka harus mendengarkan setiap perkataan Tuhan dengan baik. Apa yang mereka dengar akan memberikan manfaat bagi mereka. Jika mereka memperhatikan sabda Yesus dengan baik, mereka akan mampu memahaminya. Orang yang tidak menggunakan kemampuannya untuk memahami dan merespon firman Tuhan, akan kehilangan kemampuan itu. Maka, para murid tidak bisa diam saja ketika mengerti Yesus dan Kerajaan Allah.

Seperti sebatang lilin dinyalakan bukan untuk disembunyikan, melainkan diletakan di tempat yang membuat orang lain merasakan manfaat terangnya. Demikian juga firman yang dinyatakan pada kita, bukan hanya untuk kepentingan kita, melainkan kepentingan banyak orang. Kewajiban untuk menyebarkan terang bukan hanya tugas para imam atau dewan paroki. Setiap orang yang percaya kepada Kristus seharusnya menyatakan kepada orang lain bahwa mereka telah menemukan Terang yang berharga bagi jiwa mereka.

Bapa Yang Mahabijaksana, bimbinglah kami agar dengan karunia-Mu, kami mampu mewartakan Injil dengan bijaksana dan benar. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 28 JANUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel