RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 29 JANUARI 2021)

renungan harian jumat 29 januari 2021


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 29 JANUARI 2021

Pekan Biasa III (HIJAU)

St. Joshep Freinademetz

BACAAN I: Ibr. 10:32-39

MAZMUR: 37:3-4.5-6.23-24.39-40;

BACAAN INJIL: Markus 4:26-34

"Kerajaan Surga seumpama orang yang menaburkan benih. Benih itu tumbuh namun orang itu tidak tahu"

Lalu kata Yesus: "Beginilah hal Kerajaan Allah itu: seumpama orang yang menaburkan benih di tanah, lalu pada malam hari ia tidur dan pada siang hari ia bangun, dan benih itu mengeluarkan tunas dan tunas itu makin tinggi, bagaimana terjadinya tidak diketahui orang itu. Bumi dengan sendirinya mengeluarkan buah, mula-mula tangkainya, lalu bulirnya, kemudian butir-butir yang penuh isinya dalam bulir itu. Apabila buah itu sudah cukup masak, orang itu segera menyabit, sebab musim menuai sudah tiba." Kata-Nya lagi: "Dengan apa hendak kita membandingkan Kerajaan Allah itu, atau dengan perumpamaan manakah hendaknya kita menggambarkannya? Hal Kerajaan itu seumpama biji sesawi yang ditaburkan di tanah. Memang biji itu yang paling kecil dari pada segala jenis benih yang ada di bumi. Tetapi apabila ia ditaburkan, ia tumbuh dan menjadi lebih besar dari pada segala sayuran yang lain dan mengeluarkan cabang-cabang yang besar, sehingga burung-burung di udara dapat bersarang dalam naungannya." Dalam banyak perumpamaan yang semacam itu Ia memberitakan firman kepada mereka sesuai dengan pengertian mereka, dan tanpa perumpamaan Ia tidak berkata-kata kepada mereka, tetapi kepada murid-murid-Nya Ia menguraikan segala sesuatu secara tersendiri.

RENUNGAN:

Bersama Yesus kita bertumbuh. Mungkin di antara kita pernah mendengar istilah “gereja tiban?”. Yaitu gedung gereja yang dibangun lewat sumbangan umat di luar paroki. Dibangun oleh para donatur, bukan swadaya umat. Tentu bukan sesuatu yang buruk, hanya saja masalah akan muncul ketika perawatan dan biasanya umat kesulitan sehingga gereja tersebut cepat rusak. Sangat berbeda kalau swadaya dari umat. Gereja itu akan terawat dengan baik dan berkembang serta bertumbuh menjadi gereja mandiri.

Apa yang disabdakan dalam bacaan pertama menjadi landasan pertumbuhan iman akan Kristus. Ketika umat memiliki iman meskipun hanya sebesar biji sesawi kalau diberdayakan, didampingi, dan diteguhkan dengan doa, sakramen dan pelayanan pasti akan bertumbuh dan berkembang. Mewujudkan Kerajaan Allah bukan sebuah mukjizat yang langsung dapat terjadi, melainkan melalui sebuah proses yang pada mulanya adalah kecil, sederhana bahkan tidak disangka-sangka.

Yesus juga dalam menghadirkan Kerajaan Allah melalui proses pertumbuhan seperti sebuah tanaman biji sesawi. Jika iman kita dipupuk dan dibangun tentu akan membuahkan hasil yang baik dalam kehidupan nyata. Benih itu akan bertumbuh bersama dengan cinta Allah dalam kehidupan kita. Dengan semakin bertumbuh dalam iman, kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita akan mengalami damai sejahtera.

Bapa Yang Mahabaik. Kasih-Mu sungguh tidak berkesudahan dan Engkau memanggil kami untuk menghadirkan kasih itu dalam kehidupan kami. Tuntunlah kami untuk mewujudkannya sebagai ungkapan kehadiran kerajaan-Mu di bumi. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 29 JANUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel