RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 12 DESEMBER 2020)

renungan harian sabtu 12 desember 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 12 DESEMBER 2020

PEKAN II ADVEN (UNGU)

Sta. Yohanna Fransiska

BACAAN I: Sir. 48:1-4.9-11

MAZMUR: 80:2zc.3b.15-16.18-19;  

BACAAN INJIL: Mat. 17:10-13

Injil Matius. 17:10-13

Lalu murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "Kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?" Jawab Yesus: "Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka." Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.

RENUNGAN:

Allah sungguh menghedaki manusia selamat. Kehendak-Nya ini berlangsung terus-menerus sepanjang sejarah. Berulang kali Allah mewartakan rencana keselamatan-Nya kepada manusia melalui pewartaan para nabi, misalnya Elia, dan Yohanes Pembaptis. Elia adalah nabi besar bangsa Israel pada zaman pemerintahan Raja Ahab yang menyembah ilah Baal. Nabi Elia diutus untuk mengarahkan hati umat Israel untuk menyambut kedatangan Sang Mesias. Bahkan Yesus sendiri menerangkan bahwa Yohanes berperan sebagai Nabi Elia yang mempersiapkan orang banyak untuk menyongsong kedatangan-Nya. Oleh karena itu, perutusan Elia dan Yohanes Pembaptis untuk menyerukan pertobatan baik dalam hal berpikir maupun berindak. Pada masa Adven ini Yohanes Pembaptis menjadi tokoh yang menginspirasi kita karena dialah yang menyiapkan jalan bagi kedatangan Sang Mesias. 

Maka, merenungkan pewartaan Nabi Elia akan membatu kita untuk menghayati masa Adven yang sedang kita jalani ini. Elia ditampilkan sebagai seorang utusan Allah untuk menyampaikan peringatan bahwa akan terjadi suatu tindakan Allah Yang Mahabesar. Hal yang sama juga dilakuka Yohanes Pembaptis, yakni dengan suara lantang ia menyerukan pertobatan untuk menyambut kedatangan Mesias. Yesus mengingatkan bahwa Elia sudah datang, tetapi orang-orang tidak mengenal dia. Bahkan Yohanes Pembaptis datang menyiapkan jalan untuk Tuhan, namun mereka pun tidak percaya. Sabda Tuhan hari ini mengingatkan kita untuk selalu membuka hati karena Sang Penyelamat datang dalam kesederhanaan dan kerendahan hati-Nya. Kita pun diundang untuk menjadi saksi sekaligus mewartakan karya kebaikan Tuhan dalam hidup kita. 

Ya Tuhan, tunjukanlah jalan yang harus kami tempuh. Semoga kami tidak menyimpang dari jalan-Mu. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 12 DESEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel