RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 17 DESEMBER 2020)

RENUNGAN HARIAN


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 17 DESEMBER 2020

HARI BIASA KHUSUS ADVEN (UNGU)

St. Olympias

BACAAN I: Kej. 49:2.8-10

MAZMUR: 72:1-2.3-4b.7-8.17;

BACAAN INJIL: Mat. 1:1-17

Injil Matius 1:1-17

Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria, Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa, Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia, Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia, Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia, Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel. Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel, Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor, Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim, Akhim memperanakkan Eliud, Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus. Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus.

RENUNGAN:

Silsilah adalah suatu bagan yang menampilkan hubungan keluarga dalam suatu struktur garis lurus. Setiap orang tentu memiliki silsilah keluraga masing-masing seperti yang dikisahkan dalam bacaan hari ini. Yehuda adalah anak keempat Yakub dan Lea. Yakub memiliki 12 orang anak laki-laki yang kemudian nantinya berkembang menjadi dua belas suku Israel. Yehuda menjadi salah satu suku yang unik karena biasanya anak sulung lebih diistimewakan. Namun, jika kita perhatikan bagaimana Yakub memberkati anak-anaknya, justru Yehuda sebagai anak keempat mendapat keistimewaan. “Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda,,,, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa”.

Dalam adat istiadat Yahudi, khususnya pada zaman Yesus, silsilah keluarga sangatlah penting. Oleh karena itu, mereka sangat menjaga silsilah khususnya setelah pembuangan ke Babel. Mereka mencatat siapa ayah mereka, siapa kakek mereka, dan begitu seterusnya. Oleh karena itu, Matius mengawali pewartaannya dengan silsilah Yesus Kristus dengan sangat rinci. Ada empat belas keturunan dari Abraham hingga ke Daud. Empat belas keturunan dari Daud hingga pembuangan ke Babel dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel hingga kelahiran Yesus Kristus. Selain mengetahui garis keturunan, silsilah juga menampilkan sisi perbedaan satu sama lain sehingga saling memperkaya. Marilah berusaha agar hidup kita menjadi teladan bagi generasi selanjutnya.

Ya Allah, tuntunlah kami supaya selalu setia kepada-Mu. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 17 DESEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel