RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 27 NOVEMBER 2020)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 27 NOVEMBER 2020

PEKAN BIASA XXXIV (HIJAU)

SP. Maria Tak Bernoda

BACAAN I: Why. 20:1-4.11-21:2

MAZMUR: 84:3-6a.8a;

BACAAN INJIL: Luk. 21:29-33

Injil Lukas 21:29-33

Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: "Perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja. Apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu dengan sendirinya bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu."

RENUNGAN:

Manusia diberi hikmat oleh Allah melalui akal budinya untuk pandai membaca tanda-tanda alam. Manusia mampu mengetahui perubahan iklim, aneka musim, masa panen, dan lainnya. Semua pengetahuan itu dikuasai oleh manusia melalui pengalaman hidupnya, dari hasil pengamatannya yang seksama terhadap dunia sekitarnya. Kadang manusia berhasil, tetapi tidak sedikit juga yang gagal. Tetapi selama manusia mau belajar dari kegagalan, manusia akan semakin mampu dan memahami alam sekitarnya.

Dengan bijaksana yang sama, Yesus dalam Injil hari ini mengajak kita umat-Nya untuk memiliki kepekaan yang sama tentang kedatangan Hari Tuhan. Semua yang dikatakan oleh Yesus memang sugguh-sungguh terjadi, tetapi tampaknya kepenuhan janji Allah tidak akan berakhir pada sebuah kehancuran dan kebinasaan umat manusia. Akhir alam harus berada pada sukacita dari pihak Allah dan juga segenap ciptaan-Nya.

Yesus memberikan sebuah janji tentang pemulihan yang didasari oleh firman yang keluar dari mulut-Nya. Artinya, pemulihan umat Allah akan menjadi sebuah sumber harapan bagi para pengikut Yesus. Harapan itulah menjadi penggerak bagi Gereja untuk bergerak dan memberi arahan yang jelas bagi perjuangan di dunia. Harapan Gereja harus melampaui batas tempat dan waktu seperti yang dipikirkan dunia. Langit baru dan bumi baru adalah sebuah tata dunia dimana Allah yang berdaulat di tengah umat-Nya.

Allah Raja Allah Semesta, bimbingan kami dan Gereja-Mu dalam mengarungi zaman. Semoga kami tetap mengandalkan Engkau dalam seluruh pergumulan dan pergulatan hidup, sehingga bukan kehendak kami yang terjadi, melainkan kehendak-Mu. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 27 NOVEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel