RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 18 OKTOBER 2020)

renungan harian minggu

 

RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 18 OKTOBER 2020

PEKAN BIASA XXIX (Hijau)

HARI MINGGU MISI. Pesta St. Lukas Pengarang Injil

BACAAN I: Yes.45:1.4-6

MAZMUR: 96:1.3.4-5.7-8.9-10;

BACAAN II: 1Tes.1:1-5b

BACAAN INJIL: Mat.22:15-21

Injil Matius 22:15-21

Sekali peristiwa orang-orang Farisi berunding bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan. Mereka menyuruh murid-murid mereka bersama orang-orang Herodian bertanya kepada Yesus, "Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur, dan dengan jujur mengajarkan jalan Allah, dan Engkau tidak takut kepada siapa pun juga, sebab Engkau tidak mencari muka. Katakanlah kepada kami pendapat-Mu: Bolehkah membayar pajak kepada kaisar atau tidak?" Tetapi Yesus mengetahui kejahatan hati mereka. Maka Ia lalu berkata, "Mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik? Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak itu!" Mereka membawa suatu dinar kepada Yesus. Maka Yesus bertanya kepada mereka, "Gambar dan tulisan siapakah ini?" Jawab mereka, "Gambar dan tulisan kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka, "Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."

RENUNGAN:

Yesus dalam Injil hari ini mengingatkan kita bahwa kita harus berimbang dalam hidup. Artinya sebagai pribadi yang beriman kita wajib setia dan taat dengan perintah Allah dan sebagai warga negara kita wajib menjalankan kewajiban sebagai warga negara. Bacaan hari ini mengingatkan kita semua akan pesan dari Mrg. Soegiyapranata SJ, yang mengatakan bahwa orang Katolik itu harus menjadi 100% Katolik dan 100% Indonesia. Pernyataan tersebut secara nyata mengajak kita untuk menjadi warga Gereja sekaligus warga negara yang baik.

Sebagai orang Katolik, kita tidak dapat menutup diri dari lingkungan sekitar. Kita justru harus membuka diri, membangun komunikasi, dan bekerja sama dengan terlibat dan aktif dalam kegiatan masyarakat. Bagi orang Katolik semua kegiatan masyarakat atau kedinasan hendaknya selalu berlandaskan pada sprititualitas kristiani. Saat kita dapat menjalankan kewajiban agama dan negara secara baik saat itulah kita sedang menjadi garam dan terang dunia.

Allah Yang Mahakuasa, semoga kami senantiasa Engkau teguhkan untuk menjadi garam dan terang di lingkungan Gereja dan masyarakat. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 18 OKTOBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel