RENUNGAN HARIAN (SENIN, 08 JUNI 2020)

renungan harian senin 8 juni 2020

RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SENIN, 08 JUNI 2020
PEKAN BIASA X (Warna Liturgi HIJAU)

St. William; B.Maria Drozte
BACAAN I: 1Raj. 17:1-6
MAZMUR: 121:1-2.3-4.5-6.7-8
BACAAN INJIL: Mat. 5:1-12

Injil Matius 5:1-12
Ketika Yesus melihat orang banyak itu, naiklah Ia ke atas bukit dan setelah Ia duduk, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Maka Yesuspun mulai berbicara dan mengajar mereka, kata-Nya: "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur. Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan. Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan. Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah. Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah. Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu."

RENUNGAN:
Kotbah di bukit yang disampaikan Yesus menurut Penginjil Matius bab 5-7 diawali dengan seruan 8 Sabda Bahagia. Menarik bahwa kedelapan Sabda Bahagia dimulai dengan seruan, ‘Berbahagialah orang yang hidup miskin terdorong oleh Roh Kudus,......’. Ayat ini menegaskan bahwa untuk memiliki Kerajaan Surga itu bukan asal hidup miskin, melainkan hidup miskin yang didorong oleh Roh Kudus. Artinya peluang memiliki Kerajaan Surga itu untuk semua orang termasuk orang kaya secara material, tetapi memiliki semangat kemiskinan.
Indikasi memiliki semangat kemiskinan adalah percaya bahwa semua yang ia miliki itu adalah berkat kemurahan Tuhan, bergantung pada Tuhan atau mengandalkan Tuhan dalam hidupnya, tidak menggantungkan hidupnya pada harta kekayaannya, tidak takut dan khawatir untuk berbagi kepada orang miskin, papa, dan menderita. Inilah Kabar Sukacita bagi saudara-saudari, umat Allah yang dianugerahi Tuhan memiliki harta kekayaan yang memadai. Mari kita memiliki semangat kemiskinan. Tuhan memberkati kita semua.
Tuhan Yesus Kristus, Engkau selalu memberikan peluang kepada setiap orang untuk mengalami sukacita dan kebahagiaan. Mampukanlah kami untuk mengalami dan merasakan daya gerak Roh Kudus dalam hidup kami setiap hari. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SENIN, 08 JUNI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel