RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 22 JUNI 2020)

renungan harian

RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SENIN, 22 JUNI 2020
PEKAN BIASA XII (Warna Liturgi HIJAU)

St. Paulinus dr Nola; St Thomas Moore
BACAAN I: 2Raj. 17:5-8.13-15a.18
MAZMUR: 60:3.4-5.12-13
BACAAN INJIL: Mat. 7:1-5

Injil Matius 7:1-5
"Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi.
Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu. Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui? Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu. Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu."

RENUNGAN:
Ada seorang imam yang selalu mengeluh, mengadu, dan menyalahkan orang lain bahkan dirinya sendiri. Sekali waktu, seorang koleganya menantang imam itu, “Jika anda tidak merasa bahagia lebih baik tinggalkan imamatmu. Mungkin dengan cara itu anda berhenti mengeluh, mempersalahkan umatmu dan membuat anda lebih bahagia”. Koleganya itu sangat prihatin dengan sikap dasar sang imam yang selalu menghakimi orang lain di tengah masyarakat atau bahkan umatnya sendiri.
Yesus menyadari bahwa sikap dasar yang selalu menghakimi diri sendiri atau orang lain bukan merupakan sikap dasar yang pantas sebagai pengikut dan murid-Nya. Karena itu, ketika Ia mengajar di bukit, Yesus menegaskan agar kita tidak saling menghakimi.
Ada beberapa cara untuk membangun sikap dasar yang positif. Pertama, menyadari bahwa saya tidak lebih baik daripada orang lain. Kedua, saya punya kelebihan tapi juga kekurangan seperti halnya juga orang lain. Ketiga, setiap orang pasti bisa berubah dan berkembang lebih baik. Keempat, saya mengharapkan orang bertindak dan bertutur baik kepada saya, demikian juga harapan mereka kepada saya. 
Tuhan Yesus Kristus, ampunilah kami yang suka menghakimi sesama. Semoga kami tidak mudah menghakimi sesama. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 22 JUNI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel