SAKRAMEN PENGURAPAN ORANG SAKIT

SAKRAMEN PENGURAPAN ORANG SAKIT

SAKRAMEN PENGURAPAN ORANG SAKIT

Sebagi umat Katolik kita kerap kali mendengar akan Sakramen Pengurapan orang Sakit. Akan tetapi tidak banyak juga yang tahu atau bahkan salah mengartikan akan arti dan makna sakramen ini. 
Sakramen Pengurapan Orang Sakit terkadang terkesan menakutkan bagi sebagian orang. Karena biasanya setelah mendapatkan sakramen ini orang akan mengalami kematian. Baik kita yang melihat akan pemberian sakramen ini atau bahkan orang yang menerimanya akan merasa khawatir, karna mereka yang mendapatkan sakramen ini. 
Sakramen ini diberikan bukan untuk menakut-nakuti orang agar mereka cepat mengalami kematian, tetapi sebaliknya bahwa orang yang menerima sakramen ini mereka akan merasa semakin dikuatkan didalam iman. 

Lalu siapakah yang dapat memberikan sakramen ini?
Dalam pemberian sakramen pengurapan orang sakit hanya dapat diberikan oleh Imam atau Romo yang sah. Jika pemberian sakramen ini dilakukan oleh Prodiakon, Frater, atau suster itu tidaklah sesuai dengan aturan dan hukum Gereja. Jadi hanya Imam saja yang sah untuk dapat memberikan sakramen ini. 

Orang yang sakit seperti apa yang dapat diberikan sakramen ini?
Mereka yang mendapatkan sakramen pengurapan orang sakit adalah mereka yang sakit keras atau dalam sakit yang bahaya atau mereka yang sakit sudah lanjut usia yang dapat menerima sakramen ini. Mereka yang sakit juga sudah tidak dapat menggunakan akal budinya untuk melakukan sesuatu, maka boleh diberikan sakramen ini. 
Jika mereka yang menerima sakramen ini dapat sembuh kembali, maka kita perlu bersyukur akan hal ini. Dan jika suatu saat mereka kembali mengalami sakit yang sama dengan ancaman bahaya, maka sakramen ini juga masih dapat dia terima. 

Sakramen Pengurapan Orang Sakit ini diharapkan dapat memberikan kekuatan bagi mereka yang sedang sakit dalam bahaya, dan dalam penderitaan sakit itu mereka dapat semakin sabar dan kuat dalam imannya. Jadi kekuatan akan Allah sungguh hadir kepada mereka yang sedang sakit, dan mereka tidak merasa sendirian dalam mengalami cobaan yang dihadapinya.

0 Response to "SAKRAMEN PENGURAPAN ORANG SAKIT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel