RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 31 MEI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
MINGGU, 31 MEI 2020
HARI RAYA PENTAKOSTA (Warna Liturgi MERAH)

SP. Maria Mengunjungi Elisabet
BACAAN I: Kis. 2:1-11
MAZMUR: 104:1ab.24ac.29bc-30.31-34
BACAAN II: 1Kor. 12:3b-7.12-13
BACAAN INJIL: Yoh. 20:19-23

Injil Yohanes 20:19-23
Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan. Maka kata Yesus sekali lagi: "Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu." Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."

RENUNGAN:
Yesus yang bangkit menampakan diri kepada para murid. Pada saat menampakan diri, Yesus menunjukan tangan-Nya dan lambung-Nya. Pada saat itu, para murid bersukacita ketika mereka melihat Tuhan. Artinya, Yesus dikenali dari luka-luka-Nya. Luka-luka Yesus karena paku dan ditombak oleh orang-orang yang menyalibkan-Nya.
Dunia kita saat ini dunia yang penuh luka. Banyak manusia terluka; baik secara fisik maupun batin. Banyak orang yang dikhianati, dilecehkan, dibohongi, dijual, dieksploitasi, diusir dari tempat tinggalnya, ditelanjangi, dipenjara, dibuang, dan lainnya. Inilah wajah dunia kita saat ini, penuh luka dan bernanah. 
Dihadapan wajah dunia seperti ini: apakah kita tergugah untuk berbela rasa? Atau apakah kita terus berdiam diri dan masa bodoh, membiarkan yang terluka meregang derita berkepanjangan? Identitas kita sebagai pengikut Yesus zaman ini dikenali dalam pilihan kita berbela rasa dengan mereka yang menderita.
Ya Allah, melalui Roh Kudus Engkau memberikan kami kekuatan untuk memasuki dunia yang terluka, untuk mengalami kehadiran-Mu serentak menyadarkan agar orang-orang dapat mengalami kasih-Mu. Kami mohon berilah kami keberanian untuk masuk dan membawa sukacita dan harapan ditengah-tengah dunia yang terluka ini. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 31 MEI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel