NOVENA ROH KUDUS TAHUN 2020

NOVENA ROH KUDUS 2020

NOVENA ROH KUDUS TAHUN 2020

1. Tanda Salib.

2. Datanglah Roh Kudus, penuhilah hati umatMu dan nyalakanlah di dalamnya api cintaMu. Utuslah RohMu maka semuanya akan dijadikan lagi, dan Engkau akan  membaharui muka bumi.

3. Menyampaikan niat, ujub dan intensi pribadi.

4. DOA PER HARI

 Hari Pertama. (Kasih)
"Barang siapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih."
(1 Yoh. 4 : 8).

Ya Roh Kudus, sumber segala kasih, kebaikan, kebenaran dan kesucian. Engkau telah dianugerahkan Bapa dan Putera kepada kami, umatMu. Aku bersyukur atas kehadiranMu dalam diriku. Semoga segala anugerah yang Engkau curahkan dapat kutebarkan, membawa keharuman kasih dalam sikap dan tindakanku. Semoga juga kehadiranMu berupa Roh Kasih membawa kesegaran dalam hidupku. Semoga aku dapat memancarkan kasihMu, khususnya saat dunia dan negara kami dilanda pandemi covid 19 ini. Semoga kasihmu dapat terpancar dari tempat kediaman kami masing-masing.

Hari Kedua. (Sukacita)
"Jangan kamu besusah hati, sebab sukacita karena Tuhan itulah pelindungmu." (Nehemia 8 : 11b)

Ya Roh Kudus, Engkau telah dicurahkan ke dalam hidup kami, umatMu sebagai pribadi dengan rahmat sukacita. Semoga Engkau senantiasa mendampingi, membimbing dan mengarahkan hidupku, sehingga suasana hatiku penuh kegembiraan dan segala langkahku dapat berjalan seturut dengan kehendakMu. Limpahilah aku selalu dengan buah-buah RohMu, sehingga aku dapat membawa dan menularkan sukacita itu bagi orang-orang di sekitarku, khususnya mereka yang masih dicekam rasa takut akan pandemi wabah covid 19 ini.

Hari Ketiga. (Damai Sejahtera).
"Yang hatinya teguh Kau jagai dengan damai sejahtera, sebab kepadaMu-lah ia percaya." (Yesaya 26 : 3)

Ya Roh Kudus, Pembawa damai sejahtera, Pemersatu bagi yang tercerai berai, penuhilah hatiku yang kadang merintih sedih. Pancarkanlah dalam hatiku suatu kebaikan, kegembiraan, sukacita dan damai sejahtera. Tolonglah aku agar tetap setia membenamkan diri kedalam kehangatan setiamu. Semoga karunia damai sejahteraMu membuat hatiku kebih lembut dan mebawa damai bagi sesamaku khususnya kepada anggota keluargaku saat ini.

Hari Keempat. (Kesabaran).
"Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohannya." (Amsal 14 : 29).

Ya Roh Kudus, jadikanlah aku umatMu yang dimerdekakan daya kuasaMu. Kuatkan aku dalam kelemahanku, sehingga aku dapat mewartakan kebaikan Allah dengan penuh kasih dan sukacita. Kobarkanlah nyala api RohMu agar aku tidak terbelenggu oleh dosa-dosaku, jauhkan aku dari segala tipu daya roh jahat yang mendatangkan maut. Semoga kesabaranMu senantiasa menuntun aku untuk dapat menahan diri, selalu sabar, tidak cepat marah, khususnya saat jenuh dan bosan muncul dalam diriku menghadapi pandemi covid 19 ini.

Hari Kelima. (Kemurahan hati).
"Orang yang murah hati berbuat baik kepada diri sendiri, tetapi orang yang kejam menyiksa badannya sendiri." 
(Amsal 11 :17)

Ya Roh Kudus. Jiwa kehidupan kami dan Roh yang jaya, berilah aku Roh Kemurahan Hati yang berguna bagi hidupku. Dengan rahmat itu jadikanlah aku semakin setia, penuh kasih, tulus, ramah terhadap orang lain dan bertekun dalam membangun pengharapan dan persaudaraan di antara kami seturut kehendakMu. Rahmatilah aku dengan anugerahMu yang tanpa batas untuk selalu berbelarasa, khususnya kepada saudara - saudariku yang terpuruk karena pamdemi wabah covid 19 ini, sehingga hidupku menjadi subur dan menghasilkan buah-buah RohMu.

Hari Keenam. (Kebaikan).
"Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di Surga." (Mat. 5 : 16)

Ya Roh Kudus, biarkanlah sinar kebenaran, keadilan dan kesucian serta kemurnian terus menerus menguatkan hidupku dalam menghadapi pandemi cobid 19 dan saat-saat sulit dalam hidupku. Curahkanlah karunia Roh kebaikanMu. Biarlah sumber terang kebenaran, kemurahan dan kebaikanMu senantiasa membimbing dan memimpin hidupku, agar hidupku selalu diperbaharui kembali dengan daya kuasa RohMu untuk selalu melakukan pekerjaan baik dan amal kasih.

Hari Ketujuh. (Kesetiaan).
"Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik; engakau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggungjawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu." (Mat. 25 : 21).

Ya Roh Kudus, berikanlah kepadaku semangat persaudaraan yang mendalam. Curahkanlah kembali Roh Kesetiaan, ketulusan dan kebijaksanaan sebagai kekuatan utama hidupku. Terimalah penyerahan diriku kepadaMu. Penuhilah budiku dengan kasih yang sejati, kemurnian cinta dan kesetiaan yang tulus sehingga aku dapat semakin merindukan kehadiranmu dalam diriku, semakin mencintaimu dan sesamaku.

Hari Kedelapan. (Kelemah lembutan).
"Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi." (Mat. 5:5)

Ya Roh Kudus, perbaharuilah keajaiban-keajaibanmu pada hari ini atas dunia dan negara kami ini. Datanglah kembali suatu Pentakosta baru. Buatlah kami para anggota GerejaMu agar selalu bersatu hati, bertekun dalam doa bersama Bunda Maria, Bunda Gereja. Naungilah GerejaMu dalam hidup berbangsa dan bernegara, agar kami anggotanya semakin mampu mendukung dan membantu pemerintah mengatasi pandemi wabah covid 19 ini dan masalah ekonomi di negara kami ini.
Curahkanlah Roh kelemah kembutan dalam diri kami semua agar semakin ramah dan murah hati pada mereka yang hidup bersama kami.

Hari Kesembilan. (Penguasaan diri).
Sebab jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati, tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup." (Roma 8 : 13).

Ya Roh Kudus, Engkau yang mengajar kami dan menerangi hati umatMu dengan terang IlahiMu. Berilah aku Roh penguasaan diri dalam segala sesuatu, agar semakin setia mengikuti PuteraMu. Buatlah diriku menjadi orang yang selalu bijaksana, berbelas kasih dan membawa damai, sehingga hidupku semakin menjadi berkat bagi dunia, Gereja dan masyarakat.

5. MOHON TUJUH KARUNIA ROH KUDUS

Datanglah, ya Roh Hikmat, turunlah atas diri kami, ajarlah kami menjadi orang bijak terutama agar kami dapat menghargai, mencintai dan mengutamakan cita-cita surgawi; dan semoga kami Kau lepaskan dari belenggu dosa dunia ini.
     Datanglah, ya Roh Pengertian, turunlah atas diri kami. Terangilah budi kami, agar dapat memahami ajaran Yesus, Sang Putera dan melaksanakannya dalam hidup sehari-hari.
     Datanglah, ya Roh Nasihat, dampingilah kami dalam perjalanan hidup yang penuh gejolak ini; semoga kami selalu melakukan yang baik dan menjauhi yang jahat.
     Datanglah, ya Roh Keperkasaan, kuatkanlah hambaMu yang lemah ini, agar tabah menghadapi segala kesulitan dan derita. Semoga kami Kau kuatkan dengan memegang tanganmu yang senantiasa menuntun kami.
     Datanglah, ya Roh Pengenalan akan Allah. Ajarlah kami mengetahui bahwa semua yang ada di dunia ini sifatnya sementara saja. Bimbinglah kami, agar dapat menggunakan hal-hal duniawi untuk kemuliaanMu.
     Datanglah, ya Roh Kesalehan, bimbinglah kami untuk terus berbakti kepadaMu. Ajarlah kami menjadi orang yang tahu berterima kasih atas segala kebaikanMu; dan berani menjadi teladan kesalehan bagi orang-orang di sekitar kami.
     Datanglah, ya Roh Takut akan Allah, ajarlah kami untuk takut dan tunduk kepadaMu di mana pun kami berada; tegakkanlah kami agar selalu berusaha melakukan hal-hal yang berkenan kepadaMu.

6. DOA PENUTUP. (Selama 9 hari).

Ya Allah, Bapa yang Maha Kudus, aku bersyukur kepadaMu, karena Novena Roh Kudus ini. Kabulkanlah doa permohonanku dalam novena ini.....(sebutkan permhonan kita.....). Semoga hidupku selalu memancarkan buah-buah Roh KudusMu itu : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan hati, kebaikan, kesetiaan, kelemah lembutan dan penguasaan diri.
Buatlah aku semakin beriman dan berbela rasa. Bantulah aku agar lebih terlibat dalam mebangun persaudaraan dan pelayanan kasih yang berkonar-kobar. Semoga Roh persaudaraan semakin terwujud dalam persekutuan kasih, dan kami Kau persatukan menjadi saudara-saudari satu sama lain.
Semoga GerejaMu mampu untuk menghadirkan Kerajaan Penyelamatan Ilahi, kerajaan cinta kasih, kebenaran, keadilan dan damai. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin.

7. Doa Bapa Kami

8. Doa Salam Maria, (3×)

9. Doa Kemuliaan

10. Terpujilah nama Yesus, Bunda Maria dan Santo Yosef.
Sekarang dan selama-lamanya. Amin.

11. Tanda Salib.

0 Response to "NOVENA ROH KUDUS TAHUN 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel