RENUNGAN HARIAN (SABTU, 25 APRIL 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SABTU, 25 APRIL 2020
PEKAN II PASKAH (Warna Liturgi PUTIH)

St. Adalbertus; St. Georgius
BACAAN I: 1Ptr. 5:6b-14
MAZMUR: 89:2-3.6-7.16-17
BACAAN INJIL: Mrk. 16:15-20

Injil Markus. 16:15-20
Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

RENUNGAN
Adalah satu keyakinan spiritual yang berkembang dalam sejarah Gereja adalah askese, yaitu tindakan mati-raga sebagai cara untuk mengikuti teladan Yesus Kristus dan melatih orang untuk “mengendalikan diri”. Dengan melakukan askese, umat kristiani melatih diri untuk tidak mudah jatuh ke dalam dosa dan godaan iblis. Kita menangkap pesan dalam Surat Pertama Petrus bahwa iblis harus dilawan dengan iman yang teguh, yakni dengan merendahkan diri di bawah tangan Tuhan yang kuat. Kerendahan hati juga merupakan karekter tulisan Markus dalam Injilnya yang menekankan kesedarhanaan kisah dan bahasa serta sifat-sifat manusiawi para murid Yesus. Markus meninggalkan Paulus dan Barnabas, lalu mengikuti Petrus, bahkan oleh Petrus dipandang seperti anaknya sendiri. Markus mencatat bahwa pengutusan Yesus kepada para murid-Nya disertai dengan kuasa untuk mengusir setan dan perlindungan Tuhan terhadap segala celaka.
Belajar dari teladan Markus, yang pestanya kita rayakan hari ini, kita dapat mengembangkan sikap mengendalikan diri serta berbicara dengan lebih rendah hati dan apa adanya. Agar tidak mudah jatuh dalam godaan iblis, maka peru kita menjaga iman dan tidak bersikap reaktif terhadap segala sesuatu. Ketenangan dan kesederhanaan harus mewarnai kehidupan kita sehari-hari sebagai ungkapan iman kepada Kristus yang bangkit.
Tuhan Yesus, setiap hari kami menghadapi godaan orang lain. Bantulah kami untuk mengendalikan diri dan mempercayakan hidup kami kedalam rencana-Mu. Amin 

0 Response to " RENUNGAN HARIAN (SABTU, 25 APRIL 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel