RENUNGAN HARIAN (SABTU, 11 APRIL 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SABTU, 11 APRIL 2020
SABTU SUCI (Warna Liturgi PUTIH)

St. Stanisiaus; St. George Gervase
BACAAN I: Kej. 1:1-2:2
MAZMUR: 104:1-2a.5-6.10.12.13.14.24.35
BACAAN II: Kej. 22:1-18
BACAAN INJIL: Mat. 28:1-10

Injil Matius 28:1-10
Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu. Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya. Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju. Dan penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang mati. Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu. Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring. Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu." Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus. Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya. Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."

RENUNGAN:
Ada orang-orang yang suka mendengarkan lagu-lagu lawas. Bagi mereka, tenggelam dalam masa lalu itu indah, tetapi kelekatan pada hal-hal yang lalu bisa menjadi ikatan yang menghambat perkembangan. Dalam hal ini, yang muncul justru ketakutan, bukan kebahagiaan. Malaikat Allah hadir dalam kubur Yesus dan berkata kepada para perempuan, “Jangan kamu takut!”(Mat. 28:5). Pesan yang melegakan ini terdengar persis saat kekuatan menyelimuti mereka karena peristiwa penyaliban Yesus. Sosok Yesus yang bangkit mengucapkan pesan yang sama disertai pengutusan, “Jangan takut! Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku.....”(Mat.28:10).
Hanya satu hal yang dapat mengubah ketakutan kita menjadi harapan, yakni iman akan kebangkitan, pada sesuatu yang sama sekali bari, seperti halnya kisah penciptaan. Semua yang baru dapat memunculkan kekhawatiran, namun kebaruan yang kita alami dalam peristiwa kebangkitan Yesus tidaklah menakutkan. Peristiwa ini menawarkan kemungkinan dan kesempatan yang berbeda supaya kita berani masuk untuk mengalaminya. Saat ini, kita diundang menghayati semangar kebangkitan dalam tugas dan fungsi kita masing-masing. Kita bisa mulai dari keluarga kita masing-masing, lingkungan kerja, masyarakat, dst. Kita tidak perlu khawatir, sebab Yesus yang disalibkan itu sudah mendahului kita masuk ke dalam kemuliaan kebangkitan-Nya.
Ya Yesus, Engkau telah bangkit mengalahkan maut. Semoga kami pun ikut bangkit dari kegagalan-kegagalan dan dosa kami. Amin 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SABTU, 11 APRIL 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel