RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 03 MEI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
MINGGU, 03 MEI 2020
OKTAF PASKAH IV (Warna Liturgi PUTIH)

Hari Minggu Panggilan. Pesta St. Filipus dan Yakobus
BACAAN I: Kis. 2:14a.36-41
MAZMUR: 23:1-3a.3b-4.5.6
BACAAN II: 1Ptr. 2:20b-25
BACAAN INJIL: Yoh. 10:1-10

Injil Yohanes 10:1-10
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok; tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba. Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar. Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya. Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal." Itulah yang dikatakan Yesus dalam perumpamaan kepada mereka, tetapi mereka tidak mengerti apa maksudnya Ia berkata demikian kepada mereka. Maka kata Yesus sekali lagi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu. Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka. Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

RENUNGAN:
Tanda dua orang atau lebih memiliki ikatan relasi adalah mengenal satu sama lain. Kualitas relasi dapat dilihat dari seberapa jauh atau seberapa dalam tingkat pengenalan satu sama lain. Orang yang memiliki relasi yang mendalam biasanya mereka saling mengenal sifat, hobi, makanan kesukaan, dan lainnya. Oleh karena itu, dalam konteks relasi kita dengan Allah pun demikian. Jika kita mengatakan bahwa kita memiliki relasi dengan Allah, maka seberapa dalamkah pengenalan kita terhadap-Nya? Benar bahwa Allah sungguh mengenal kita, namun kita yang kurang mengenal Dia. Apakah karena kita kurang atau bahkan tidak pernah memberikan kesempatan untuk-Nya berbicara kepada kita?
Injil Yohanes mencatat bahwa Yesus menyebut diri sebagai “pintu”. Artinya melalui diri-Nyalah terdapat akses untuk mengenal Bapa. Didalam diri Yesus kita dapat bertemu dengan Bapa. Perjumpaan antara kita dan Bapa terjadi melalui dan dalam Yesus. Dengan demikian, hendak dikatakan bahwa hanya melalui Yesus kita memperoleh pengenalan yang sungguh mendalam tentang Bapa.
Saat ini kita mengenal begitu banyak agama di dunia. Semuanya mengajarakan tentang iman akan Allah, seperti halnya kekristenan. Namun, sebagai orang Kristen kita patus bersyukur sebab relasi kita dengan Yesus membuat kira sungguh-sungguh mengenal Bapa. Allah bukan lagi sesuatu yang misterius dan sulit dikenali. Di dalam Yesus kita akhirnya mengenal Allah sebagai kasih, dan dalam Dia ada pengorbanan, pengampunan, penebusan, dan keselamatan.
Ya Allah, kami bersyukur bahwa didalam Yesus Kristus kami bisa mengenal Engkau dengan sungguh mendalam. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 03 MEI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel