RENUNGAN HARIAN (KAMIS, 23 APRIL 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
KAMIS, 23 APRIL 2020
PEKAN II PASKAH (Warna Liturgi PUTIH)

St. Adalbertus; St. Georgius
BACAAN I: Kis. 5:27-33
MAZMUR: 34:2.9.17-18.19-20
BACAAN INJIL: Yoh. 3:31-36

Injil Yohanes. 3:31-36
Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya. Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihat-Nya dan yang didengar-Nya, tetapi tak seorangpun yang menerima kesaksian-Nya itu. Siapa yang menerima kesaksian-Nya itu, ia mengaku, bahwa Allah adalah benar. Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas. Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya. Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya."

RENUNGAN
Ada orang yang mengatakan bahwa tingkat yang lebih tinggi dari percaya adalah menerima. Kepercayaan mengendalikan bahwa kita menerima kebenaran yang kita alami dan tersingkap dalam kehidupan, dan bukan sekedar percaya pada pendapat pribadi. Penerimaan dalam iman menunjukan keterlibatan diri yang mendalam. Kesaksian Yohanes Pembaptis tentang Yesus yang telah mengesankan banyak orang, temasuk murid-muridnya sendiri. Ia mengingatkan mereka bahwa Yesus datang dari surga, namun tidak seorang pun “menerima kesaksian-Nya”. Padahal, seandainya saja orang menerima Yesus, ia akan beroleh hidup yang kekal. Mahkamah Agung Yahudi mendesak Petrus dan rasul-rasul agar berhenti mengajar dalam nama Yesus, namun Petrus menyahut, “Kita harus lebih taat kepada Allah daripada kepada manusia”. Ia menegaskan bahwa seluruh kesaksian para rasul dilakukan bersama dengan Roh Kudus.
Kita sering kali bergulat dengan batin kita sendiri untuk belajar percaya orang lain. Dalam hal iman, kita ditantang untuk belajar menerima, sebab Tuhan menunjukan jalan keluar bagi masalah kita, sekalipun mungkin melalui orang-orang yang cenderung kita hindari. Penerimaan akan menjadi sulit manakala kita tidak mau belajar percaya. Mungkin kita perlu mendengarkan dan mempertimbangkan nasihat orang lain, sebab Tuhan menggunakan saudara-saudara kita untuk meyiapkan rahasia kehendak-Nya untuk kita.
Yesus, kesaksian-Mu di dunia semula hanya dipercaya oleh para murid-Mu. Jadikanlah kami saudara-Mu yang pantas menerima kehidupan kekal karena belas kasih-Mu. Amin 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (KAMIS, 23 APRIL 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel