ARTI IHS KATOLIK


ARTI IHS KATOLIK

Sebagai umat Katolik tentu kita pernah mendengar atau melihat kata IHS dalam berbagai hal yang kita temui dalam Gereja Katolik.
Banyak yang melihat dari umat dan mereka tak banyak juga yang mengerti apa arti dari kata IHS itu.
Sebenarnya apa itu IHS dalam Gereja Katolik?

Arti yang terkandung dari kata IHS yaitu Yesus Yang Tersuci, yang berasal dari tiga huruf pertama dari bahasa Yunani. Emblem tersebut hanya sekedar simbol dari Nama Yang Tersuci.

IHS yang merupakan kata atau singkatan dari bahasa Yunani yaitu: Iesus Hominum Salvator – Yesus Penyelamat Manusia

Sudah merupakan legenda yang terkenal bahwa IHS merupakan singkatan dari frase Latin Iesus Hominum Salvator, “Yesus Penyelamat (semua) manusia”.Walaupun ini adalah devosi yang baik, tapi secara historis tidak tepat.

Simbol IHS sangat populer sehingga tidak jarang kita menemukan Iesus dalam bahasa Latin yang salah ejaan menjadi IHeSus (dengan “H” ditambahkan, meskipun didalam bahasa Yunani huruf “h” sama saja dalam huruf Latin “e”).

Faktanya, singkatan IHS pertama kali digunakan pada abad ke 8, “DN IHSCHS REX REGNANTIUM”, tiga kata awal dari singkatan berasal dari “DomiNus IHeSus CHristuS”– “Tuhan Yesus Kristus Raja dari segala Raja”. Penjelasan lebih jauh tentang sejarah IHS.

Namun, meskipun secara historis tidak tepat, tidak ada salahnya melihat emblem ini sebagai sebuah kesaksian terhadap kebenaran bahwa  tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan. Pasti, hanya Yesus satu-satunya penyelamat dan tanpa rahmat-Nya kita tidak dapat mencapai atau bahkan menginginkan hidup yang kekal.

Semoga dengan artikel ini dapat membantu saudara-saudari dari rasa penasaran akan arti kata IHS itu.

0 Response to " ARTI IHS KATOLIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel