RENUNGAN HARIAN (SENIN, 16 MARET 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SENIN, 16 MARET 2020
PEKAN III PRAPASKAH (Warna Liturgi Ungu)

BACAAN I: 2Raj. 5:1-5a
MAZMUR: 42:2-3,43:3.4
BACAAN INJIL: Luk. 4:24-30

Injil Lukas. 4:24-30
Dan kata-Nya lagi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak ada nabi yang dihargai di tempat asalnya. Dan Aku berkata kepadamu, dan kata-Ku ini benar: Pada zaman Elia terdapat banyak perempuan janda di Israel ketika langit tertutup selama tiga tahun dan enam bulan dan ketika bahaya kelaparan yang hebat menimpa seluruh negeri. Tetapi Elia diutus bukan kepada salah seorang dari mereka, melainkan kepada seorang perempuan janda di Sarfat, di tanah Sidon. Dan pada zaman nabi Elisa banyak orang kusta di Israel dan tidak ada seorangpun dari mereka yang ditahirkan, selain dari pada Naaman, orang Siria itu." Mendengar itu sangat marahlah semua orang yang di rumah ibadat itu. Mereka bangun, lalu menghalau Yesus ke luar kota dan membawa Dia ke tebing gunung, tempat kota itu terletak, untuk melemparkan Dia dari tebing itu. Tetapi Ia berjalan lewat dari tengah-tengah mereka, lalu pergi.

RENUNGAN:
Sakit dan penyakit adalah musuh semua manusia. Di depan keduanya semua orang bertekuk.Pepatah mengatakan, “Kesehatan bukan segala-galanya, tetapi tanpa kesehatan segala-galanya menjadi tidak mungkin”. Orang sakit sering tidak hanya menderita secara fisik, tetapi juga secara sosial, ekonomi, kultur, bahkan secara religus.
Selain digamberkan sebagai gembla dan bapa yang baik, Allah juga sering digambarkan sebagai tabib atau dokter yang menyembuhkan. Demikianlah Naaman, panglima Suriah disembuhkan Tuhan dengan perantaraan hamba-Nya, Nabi Elia. Kesembuhan membutuhkan kerendahaan hati. Naaman, terancam gagal sembuh, karena gusar dengan syarat yang diajukan Elia. Kerendahan hati itu hilang dari ahli-ahli taurat dan orang-orang farisi, serta yang diajukan Israel, sehingga menurut Yesus, banyak mukjizat dilakukan oleh para nabi untuk orang-orang asing dan bukan untuk orang-orang Israel. Mereka mengalami penyakit kusta dalam jiwa dan roh, sehingga mereka menolak Yesus. Kesembuhan fisik dan spiritual adalah perbaikan hidup. hal itu membutuhkan keterbukaan dan revolusi mental spiritual.
Tuhan, buatlah kami semakin rendah hati untuk menerima penyembuhan dari pada-Mu. Amin 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SENIN, 16 MARET 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel