RENUNGAN HARIAN (SENIN, 09 MARET 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SENIN, 09 MARET 2020
PEKAN II PRAPASKAH (Warna Liturgi Ungu)

St. Primus dan St. Felicianus; St Efrem
BACAAN I: Dan. 9:4b-10
MAZMUR: 78:8.9.11.13
BACAAN INJIL: Luk: 6:36-38

Injil Lukas 6:36-38
Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati." "Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."

RENUNGAN:
Daniel, dalam doanya menggambarkan dengan sangat jelas sifat manusia dan Allah. Manusia penuh dengan dosa dan salah, fasik, memberontak, menyimpang, tidak taat, dan tidak setia. Sementara Allah adalah setia, penuh belas kasih, dan pengampunan. Kita dipanggil untuk bertobat, yaitu berbalik dari dosa. Karena manusia berasal dari Tuhan, maka seharusnya manusia mengambil bagian dalam sifat Allah yaitu murah hati.
Itulah yang disampaikan Yesus Kristus dalam Injil Matius hari ini. Jika kita murah hati, maka kita tidak mudah menjadi hakim bagi sesama dan menghukumnya. Sebab hukuman yang kita berikan kepada sesama akan menjadi ukuran untuk hukuman kita. Terhadap sesama, kita tidak menjadi hakim, tetapi menjadi sahabat yang setia dalam suka dan duka. Kita tidk menghukum, tetapi membantu dan melepaskan dia dari masalah kelemahannya.
Tuhan, kami sering menyimpang dari jalan-Mu dan memberontak terhadap Engkau. Kuatkanlah kami untuk bertobat dan mengambil bagian dalam kebaikan-Mu supaya kami bisa menjadi sahabat dan penolong bagi sesama, bukannya menjadi hakim yang menghukum. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SENIN, 09 MARET 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel