BAHAN ADVEN 2019 PERTEMUAN KEDUA


TEMA: PERNYATAAN HUBUNGAN GEREJA DENGAN AGAMA-AGAMA BUKAN KRISTIANI
TUJUAN: Umat Katolik memahami dan mengamalkan ajaran Gereja Katolik tentang pandangannya terhadap agama lain.

A. PEMBUKAAN
1. Lagu pembuka ( LAGU NASIONAL GARUDA PANCASILA)

2. Tanda Salib dan Salam
(Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin)
Semoga Tuhan Beserta Kita - Sekarang dan selama-lamanya.

3. Pengantar
Pertemuan yang kedua ini kita akan merenungkan tentang pandangan gerja terhadap uamt bergama yang berkeyakinan lain. Gereja Katolik tidak menolak apa pun yang dalam agam lain itu sebagai kebenaran dan suci. Melalui dialog dan kerjasama dengan mereka, gereja mendorong umat beriman katolik untuk mengkui, memelihara, dan mengembangkan harta kekayaan rohani dan moral serta nilai solidaritas budaya mereka. 

4. Doa Pembuka
Allah yang mahabaik dan penuh belaskasih, kami bersyukur atas segala anugerahMu dalam hidup kami. Dalam pertemuan ini, kami hendak merenungkan bagaimana sebaiknya kami bersikap terhadap saudara-saudari kami yang beragama lain sesuai dengan kehendakMu. Utuslah Roh KudusMu agar kami mampu mendalami ajaran gerejaMu dengan baik. Kami mohon dengan perantaraan Kristus Tuhan kami. Amin

B. Inspirasi Dari Ajaran Gereja
1) Pembacaan Ajaran Gereja
Marilah kita membaca, merenungkan, dan memahami pernyatan Gereja Katolik tentang hubungan dengan agama lain:
- Hindunisme, mencari pembebasan dari kesesakan keadaaan kita entah melalui bentuk-bentuk hidup baru tanpa atau melalui permenungan yang mendalam, atau dengan mengungsi kepada Allah penuh kasih dan kepercayaan.
- Buddhisme, dalam berbagai alirannya mengakui bahwa dunia yang serba berubah ini sama sekali tidak mencukupi dan mengajarkan kepada manusia jalan dengan jiwa penuh bakti dan kepercayaan memperoleh keadaan kebebasan yang sempurna. 
- Pandangan Agama Katolik terhadap agama Islam. Gereja katolik menegaskan kebenaran dan kesucian agama Islam yang sekaligus merupakan titik temu dengan umat Kristiani. Gereja menghargai umat Islam yang menyembah Allah satu-satunya; yang hidup berdaulat, penuh belas kasih, mahakuasa, pencipta langit dan bumi,  yang telah bersabda kepada manusia. Memang benar sering timbul pertikaian dan permusuhan antara umat Kristiani dan umat Muslim. Dan gereja selalu berusaha untuk dapat saling memahami dan bersama-sama membela serta mengembangkan keadilan sosial bagi semua orang, mengembangkan nilai moral, perdamaian dan kebebasan.
- Sikap Gereja terhadap agama lain. Gereja katolik tidak pernah berhenti untuk mewartakan Kristus sebagai Jalan Kebenaran dan Hidup. Maka Gereja Katolik mendorong umatnya untuk dapat bijaksana dan penuh hasih, melalui dialog dan kerjasama dengan penganut agama lain. Dengan memberi kesaksian tentang iman serta hidup Kristiani, mengakui, memelihara dan mengembangkan harta kekayaan rohani dan moral serta nilai sosial budaya mereka. 

2) Pendalaman Sabda Tuhan:
- Bagimana Gereja Katolik memandang agama lain non Kristiani?
- Bagimana toleransi antar agama perlu diwujudkan?  (dijawab oleh umat dan di sharingkan)

3) Peneguhan dan Kesimpulan
- Gereja tidak menolak apapun kebenaran dan suci dari agama lain, namun tetap wajib mewartakan Kristus. Gereja mengajak umat melalui dialog dan kerjasama, mengkui dan mengembangkan yang serba benar dan suci.
- Kita hendaknya mengembangkan dialog dan toleransi antar pemeluk agama dengan bijaksana dan penuh kasih. Upaya yang bisa kita lakukan yaitu: menghilangkan prasangkan negatif dengan mau mengenal dan dikenal oleh agama lain, mengembangkan kearifan lokal, mengembangkan sikap pluralisme namun tetap berkarakter Kristiani, tidak mudah terpancing provokasi negatif, menyebarkan berita damai. 

C. Rencana Aksi Nyata
Membuat rencana kegiatan yang nyata sebagai wujud penghayatan iman kepada Allah. Misalnya 
- Umat Katolik menadakan kunjungan kepada pengurus masjid, pondok, gereja Kristen, umat Hindu, dan Budha.
- Umat Katolik aktif dalam kegiatan paguyuban atau komunitas antar umat beragama
- Mengadakan kegiatan kerjasama dengan umat beragama lain. 

D. Penutup 
- Doa Umat (Doa umat spontan bagi yang mau mengungkapkan doa-doa dipersilahkan dan yang berkaitan dengan tema diatas)

- Doa Bapa Kami (Bersama-sama)

- Doa Penutup:
Allah pencipta alam semesta, hanya kepadaMu segala ciptaan bersembah dan  berbakti. Engkau mengenal setiap hati, dan melalui berbagai cara Engaku mewahyukan diri kepada mereka. Kami bersyukur kepadaMu atas begitu banyak orang dengn tulus mencari keselamatan. Kami bersyukur pula atas agama-agama yang dapat menuntun para penganutnya sampai kepadaMu. Engkaulah tujuan hidup manusia dan menjadi sumber keselamatan hidup. Kami mohon ya Bapa semoga Engkau berkenan mengembangkan semangat kerukuanan antar umat beragama. Semoga semua orang sungguh menghayati dan mengamalkan ajaran imannya dan hidup dengan bertakwa. Ini semua kami mohon kepadaMu dengan perantaraan Tuhan kami Yesus Kristus. Amin

- Mohon Berkat Tuhan
Tuhan beserta kita – sekarang dan selama-lamanya
Semoga Tuhan memberkati kita, melindungi kita terhadap dosa dan menghantar kita kehidup yang kekal. Amin
Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin
Dengan demikian pendalaman iman masa Adven 2 sudah selesai
Syukur kepada Allah

- Lagu penutup 
(Kau Dipanggil Tuhan PS 683)

0 Response to "BAHAN ADVEN 2019 PERTEMUAN KEDUA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel