TAHBISAN USKUP RITUS DAN URUTANNYA

Dalam Perayaan Ekaristi Gereja Katolik ada empat bagian penting yang biasa kita rayakan yaitu ritus sabda dan ekaristi yang diapit oleh ritus pembuka dan penutup. Kali ini kita akan mengenal bagaimana prosesi Ekaristi yang dilaksanakan dalam Tahbisan Uskup. Sebenarnya sama halnya dengan Ekaristi Mingguan yang sering kita ikuti. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada bagian intu yaitu bagian setelah Komuni. Ritus Ekaristi yang digunakan dalam Tahbisan Uskup dilakukan pada bagian ritus sabda dan ritus ekaristi. 

Pada Bagian Mana Ekaristi Tahbisan Uskup DiLaksanakan?
Upacara Tahbisan Ukup dilaksanakan setelah bacaan kitab suci dan homili selesai. Pada acara ini dimulai dengan Pembacaan Surat Keputusan Tahbisan Uskup dari Gereja Katolik Roma. Yang mana Surat Keputusan ini berisi tentang pemberian Ijin Ekaristi Tahbisan bagi calon yang sudah disiapkan untuk ditahbiskan. Perberitahuan tempat yang akan menjadi pusat acara dibacakan dalam Surat Keputusan Gereja serta di Tahbiskan oleh Uskup yang ada ditempat calon Uskup akan ditahbiskan. 

BACA JUGA :

Bagaimana Urutan Perayaan Ekaristi Tahbisan Uskup?
1. Liturgi Tahbisan Uskup diawali dengan lagu Litani
2. Selanjutnya adalah pengurapan minyak Krisma. Minyak Krisma diurapi pada uskup yang akan ditahbiskan dan penumpangan tangan oleh para Uskup hadir menyaksikan.
3. Penyerahan Kitab Injil, Cincin, Mitra (topi berwarna merah atau ungu seperti mahkota) dan Tongkat. Penyerahan alat-alat Tahbisan Uskup ini sudah diberkati dalam Ekaristi yang dilaksanakan pada hari sebelumnya. Kitab Injil melambangkan Teladan Yesus yang harus di Imani sedangkan Tongkat yang menggambarkan sebuah Penggemalaan Yesus terhadap domba-ombanya. 
4. Selanjutnya adalah Salam persaudaraan dari setiap Uskup yang hadir. Biasanya para uskup memberikan doa kepada Uskup yang sedang ditahbiskan dengan cara menumpangkan kedua tangannya pada kepala.
5. Dan yang terakhir adalah berkat pedana dari Uskup Terpilih untuk seluruh umat yang hadir.

Dalam tahbisan uskup biasanya dihadiri oleh para uskup yang ada di Indonesia serta perwakilan yang ditunjuk secara langsung dari Vatikan. Mereka menyaksikan secara langsung tahbisan uskup yang diselenggarakan dan memberikan doa serta berkatnya.

0 Response to "TAHBISAN USKUP RITUS DAN URUTANNYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel